Phobia Yang Unik

by -35 views

Phobia Yang Unik

Jatinangorku.com – Setiap orang biasanya memang punya satu ketakutan tertentu. Ketakutan yang amat sangat ini kadang sering kita sebut phobia. Phobia ketinggian, phobia ruang gelap, phobia kecoa,dll. Nah, beberapa phobia ini bisa dibilang unik, karena berhubungan banget sama kehidupan sehari-hari kita.

Decidophobia = Takut membuat keputusan
Kebayang nggak susahnya hidup seseorang yang menderita decidophobia ini? Karena selama kita hidup, pasti kita akan ada saatnya mengambil keputusan tentang apa pun yang kita hadapi. Bisa jadi orang yang mengalami jenis phobia yang ditemukan oleh Walter Kaufmann ini awalnya muncul karena takut membuat kesalahan.

Epistemophobia (Gnosiophobia) = Takut akan pengetahuan
Duh, aneh banget ya. Orang yang menderita ini intinya dia nggak mau belajar dan menambah pengetahuannya, Jadi sudah pasti dia nggak sekolah, nggak membaca buku/koran, bahkan mungkin nggak menonton teve. 

Cibophobia = Takut dengan makanan
Cibophobia ini berbeda dengan anorexia. Kalau anorexia dia takut makan karena takut badannya menggemuk. Tapi kalau cibophobia dia takut terhadap makanan itu sendiri. Seorang picky eater kalau kondisinya parah bisa menderita ini, lho. Jadi, hati-hati ya, girls.

Somniphobia (Hypnophobia) = Takut tidur
Seseorang yang menderita phobia ini bisa jadi awalnya karena dia mengalami mimpi buruk terus menerus dalam tidurnya. Bisa juga dialami oleh seseorang yang baru saja mengalami kejadian traumatik dalam hidupnya. Misalnya kecelakaan atau bencana alam.

Sumber : http://www.gadis.co.id