Pilkada Serentak 2015 Kapolri Sebut Ada Politik Bagi-bagi Uang di Sejumlah Daerah

by -17 views

Jatinangorku.com – Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Bahrodin Haiti menegaskan money politik atau politik bagi-bagi uang pada pemilih, mewarnaiPilkada serentak pada Selasa (9/12).

“Ada beberapa masalah politik uang di beberapa daerah. Dan ini juga jadi gangguan karena di aturan undang-undang itu dilarang,” ujar Kapolri di Stadion Singaperbangsa Karawang, meninjau pelaksanaan Pilkada Karawang.

Ia mengatakan, money politik bukan merupakan tindakan kriminal. Meski begitu, penyelenggaraan Pilkada serentak berjalan dengan baik.

“Tapi bisa diproses secara hukum lewat pasal 149 KUH Pidana. Secara keseluruhan hari pelaksaan berjalan dengan baik, tidak ada yang menonjol. Kasus money politik bisa diselesaikan olehh petugas,” ujar dia.

Ia mengatakan, sejumlah daerah di Indonesia yang menggelarPilkada serentak memiliki kerawanan konflik. Mulai dari Papua hingga Sumatera Utara.

“Tapi semua terantisipasi, semua personel kepolisian memberikan back up maksimal untuk mengamankan pilkada ini,” ujar dia

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/