Pilkades Cibeusi Kembalikan ke Perda

by -5 views

Pilkades Cibeusi Kembalikan ke Perda

Jatinangorku.com – Pemkab Kabupaten (Pemkab) Sumedang sudah mengajukan saran kepada Pemerintan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terkait persoalan Pilkades Cibeusi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin mengatakan, persoalan Pilkades Cibeusi harus dikembalikan pada peraturan (perda) yang berlaku di Pemkab Sumedang. Sesuai Perda No. 2/2006 dan No. 5/2005 perihal tata cara pencalonan, pemilihan, dan pemberhentian kepala desa.

“Saya memastikan persoalan tersebut akan dinyatakan aman apabila di Cibeusi kembali dilaksanakan pilkades,” kata Zaenal kepada “GM”, belum lama ini di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor.

Zaenal menegaskan, diadakannya kembali pilkades itu bukan dalam arti mengulang. Namun, lanjutnya, kembali menggelar pilkades memang satu-satunya cara agar semua bisa dinyatakan aman.

“Aturannya sudah jelas, panitia Pilkades Cibeusi wajib kembali melakukan penjaringan para bakal calon Kades Cibeusi. Pilkades Cibeusi yang akan dilaksanakan pada 2015 nanti,” katanya.

Bahkan menurutnya, pemkab sudah mengalokasikan anggaran sebagai upaya menyukseskan kembali pilkades nanti.

“Saya anggap itu solusi paling tepat daripada memaksakan diri melantik Calon Kades Cibeusi terpilih pada pilkades sebelumnya,” ujar Zaenal.

Pengertian

Ia mengharapkan pengertian dari semua pihak. Karena sangat tidak mungkin harus menabrak aturan. “Saya mengimbau agar rekan-rekan di pemerintahan Kecamatan Jatinangor tidak henti-hentinya menyosialisasikan dan mempersiapkan Pilkades Cibeusi,” katanya.

Sosialisasi yang akan dilakukan, kata Zaenal, khusus untuk pemerintahan desa (pemdes), badan pemberdayaan desa (BPD), dan segenap unsur masyarakat di Cibeusi.

Zaenal menagaskan, Pemkab Sumedang tidak punya kepentingan dalam pilkades tersebut. “Saya berharap masyarakat di Desa Cibeusi tetap ada dalam situasi yang kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Jatinangor Asep Aan Dahlan mengaku gencar menyosialisasikan Pilkades Cibeusi 2015 nanti.

“Kami berusaha keras merangkul semua komponen masyarakat agar turut menyukseskan pilkades nanti. Bahkan, pemdes dan BPD tak henti kami berikan pemahaman terkait Pilkades Cibeusi itu,” kata Asep di kantor Kecamatan Jatinangor.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/