Pilpres dan Pileg Makin Dekat, Masyarakat Jatinangor Lakukan Deklarasi Damai

by -38 views

Sejumlah elemen masyarakat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, melalukan deklarasi damai menjelang pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Beberapa poin yang disampaikan dalam deklarasi tersebut, di antaranya semua elemen masyarakat dituntut untuk menjaga kekondusifitasan di Kecamatan Jatinangor, mengingat wilayah Jatinangor terdapat warga dari berbagai latar belakang dan menjunjung nilai Pancasila.

 

Dalam hal ini, masyarakat diminta untuk menghargai satu sama lain dan tidak memandang golongan sifat tertentu, bila terbukti melanggar pidana, akan diberikan oleh aparat berwenang, yakni kepolisian dari Polres Sumedang.

 

Camat Jatinangor, Syarif Effendi, mengatakan, adanya deklarasi ini, masyarakat diminta untuk tetap berkomitmen menjaga situasi agar wilayah Jatinangor tetap aman dari gangguan.

“Dari pilkada sebelumnya, di Jatinangor, sama sekali tidak terjadi adanya gesekan antar golongan pendukung,” kata Syarif seusai deklarasi di Kecamatan Jatinangor, Jalan Raya Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (2/10/2018).

Mengandeng TNI dan Polri, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dari sebelum, saat berlangsung, dan sesudah proses pemungutan suara pemilu 2019, agar kamtibmas tetap terjaga.

 

“Suksesnya pilkada adalah harga mati, mudah-mudahan bisa sama-sama menjaga,” katanya.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, deklarasi tersebut diikuti, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, ormas pemuda, ormas islam, dan perwakilan partai politik di Kecamatan Jatinangor.

Selain warga asli, wilayah Jatinangor ditempati oleh banyak masyarakat dari berbagai wilayah, karena merupakan kawasan pendidikan (Unpad, ITB, IPDN, dan Ikopin).

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com