PKL Depan Kahatex Penyebab Banjir dan Kemacetan

by -37 views

PKL Depan Kahatex Penyebab Banjir dan Kemacetan

Jatinangorku.com – Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berada di depan PT Kahatex dan sepanjang jalur nasional Jalan Raya Bandung-Garut, Kec. Jatinangor dan Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang menjadi sorotan. Kehadiran mereka mengganggu ketertiban lingkungan dan arus lalu lintas.

Banyak pihak yang menuding, keberadaan PKL menjadi salah satu penyebab kemacetan dan banjir. Sampah sisa aktivitas PKL dan para pembeli yang dibuang ke gorong-gorong menutupi drainase.

Kades Cintamulya, Kec. Jatinangor, Dadan W. menilai, banyak pedagang bermunculan di lokasi itu sebagai akibat kurang tegasnya Pemkab Sumedang dalam penertiban.

“Kami berharap PT Kahatex juga bersikap legowo dan memberikan ruang usaha baru bagi para pedagang (PKL). Supaya mereka bisa tetap berjualan dan usahanya tidak terganggu,” ujar Dadan kepada wartawan, usai menghadiri acara Hari Pendidikan Nasional di kantor Camat Jatinangor, Jumat (2/5).

Menurutnya, pemberian ruang untuk tempat usaha, merupakan bagian dari bentuk pembinaan. Sebab sebagian dari para pedagang itu warga Kab. Sumedang. 

“Alangkah bijaksana, jika PT Kahatex bekerja sama dengan Pemkab. Sumedang memberi tempat usaha supaya mereka tidak berjualan di atas trotoar atau di atas saluran air dan badan jalan. Mereka juga perlu hidup, tapi jangan sampai mengganggu hak orang lain,” katanya.

Merugikan

Jika para pedagang dibiarkan berjualan di atas trotoar atau di atas saluran drainase, akan merugikan banyak orang. Selain warga, juga para pejalan kaki dan pengguna jalan.

“Jadi wajar jika warga menuding PKL yang berjualan di atas drainase sebagai penyebab banjir,” katanya.

Menurut Wawan, jumlah PKL di sepanjang jalur jalan terus bertambah dan mencapai ratusan lapak. Selain yang menempati trotoar dan membuat bangunan liar di atas saluran air. Bahkan banyak di antara PKL yang menggelar dagangannya di badan jalan.

Dadan mengaku sempat mengusulkan dan mengoordinasikan pada pihak manajemen PT Kahatex agar menyediakan sedikit tempat, namun belum ada tanggapan.

“Padahal jika PKL diberi ruang di lokasi PT Kahatex yang tak jauh dengan lokasi yang saat ini digunakan oleh para PKL, maka dipastikan akan mengurai kemacetan kendaraan setiap harinya,” katanya.

Manfaat lainnya, saluran drainase tidak akan terganggu dan mengurangi ancaman banjir. Selain itu, fungsi trotoar bisa dikembalikan seperti semula untuk para pejalan kaki

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/