PKL yang Berjualan di Atas Trotoar Sepanjang Jalan Raya Bandung-Garut Diingatkan

by -80 views

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang memberikan peringatan kepada kepada ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar sepanjang Jalan Raya Bandung-Garut, Rabu (15/3).

Peringatan tersebut merupakan tindak lanjut surat edaran Perturan Bupati Sumedang Nomor 60 Tahun 2013 tentang penataan dan pemberdayaan PKL di wilayah Kabupaten Sumedang.

Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat melalui Kasi Satpol PP Kecamatan Cimanggung, Edi Kusnaedi mengatakan, peringatan kepada para PKL tersebut sebagai upaya mewujudkan Ketertiban, Keindahan dan Kebersihan (K3) yang tengah digencarkan oleh Pemkab Sumedang.

“Banyak PKL yang melanggaran peraturan. Banyak yg berjualandi trotoar. Padahal fungsi trotoar untuk pejalan kaki. Dan adanya PKL di trotoar menggangu K3,” ujar Edi di lapangan.

Edi mengatakan, para PKL yang telah siberi peringatan secara tertulia tersebut harus menaati beberapa poin yang berlaku dalam Perbup tersebut. Jika masih nekat berjualan di trotoar, Satpol PP Sumedang akan melakukan oenertiban.

“Kami memberikan peringatan langsunh seusai surat edarab Perbup. Selai itu kami juga sudah sebar surat edaran tersebut ke desa-desa untuk juga memantau dan nantinya melaporkan jika ada yang masih nekt berjualan di trotoar,” katanya