Plt. Kades Cibeusi Hari Ini Dilantik

by -38 views

Plt. Kades Cibeusi Hari Ini Dilantik

Jatinangorku.com – Keinginan warga Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor untuk memiliki kepala desa (kades) terjawab sudah. Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Pemerintah Kecamatan Jatinangor akan melantik Kasi Pemerintahan, Yuli Handika, menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Kades Cibeusi.

Bupati Sumedang, H. Ade Irawan melalui Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan, mengatakan, pelantikan plt. kades sudah sesuai dengan aturan. Pada Januari 2015 akan dilaksanakan pemilihan ulang kepala desa. Sehingga, plt. bisa menggantikan posisi Kades Cibeusi yang saat ini masih kosong.

“Pelantikan akan dilaksanakan besok (hari ini, red) di Aula Kecamatan Jatinangor. Ini memang sudah mendapat rekomendasi dari bupati,” kata Asep kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (5/8).

Ia menegaskan, pelantikan plt. sangatlah penting karena saat ini Cibeusi tak memiliki kades pasca-Pilkades 2013 yang tidak selesai karena melanggar perda.

Instruksi

Dia menjelaskan, Jatinangor sedang melaksanakan instruksi 12 program pokok Bupati Sumedang. Salah satunya Pilkades Cibeusi yang melanggar perda pada 2013. Sehingga, pernyataan masyarakat mengenai tidak selesainya permasalahan Kades Cibeusi akan tuntas.

“Nantinya PLT Kades Cibeusi akan bertugas sesuai tugas pokok dan fungsinya. Seperti melayani masyarakat dan menandatangani dokumen yang tidak bisa diwakilkan kepada orang lain. Ini penting karena dalam pilkades nanti harus ada tanda tangan kades,” terangnya.

Asep mengimbau warga Cibeusi dan Jatinangor menerima putusan tentang pelantikan tersebut, karena mau tidak mau Plt. Kades Cibeusi harus ada sebelum dilantiknya kades baru hasil pilkades.

Asep menambahkan, selain Cibeusi, pilkades juga akan digelar di Jatiroke, Hegarmanah, dan Cikeruh. Sebab, para kades sudah habis masa jabatannya.

“Jatiroke dan Cikeruh habisnya bulan Agustus 2014. Hegarmanah pun sama. Jadi, nanti (Januari 2015, red) akan digelar pilkades secara serentak,” jelasnya.

Plt. Kades Cibeusi, Yuli Handika mengaku siap melaksanakan tugas barunya. Menurutnya, aparatur kecamatan bertanggung jawab untuk mem-back-up pemerintah desa.

“Insya Allah, saya siap. Kami minta dukungan dari warga Cibeusi agar pelantikan berjalan aman dan lancar, sehingga saya dapat melayani masyarakat sesuai kemampuan saya,” tegas Yuli.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/