Pol PP dan Linmas Ujung Tombak Pelaksanaan Pilkada

by -19 views
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpolpp) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) menyatakan siap menjalankan fungsinya dalam pengamanan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat pada 2018 mendatang . Terlebih Satlinmas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
Hal tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Pol PP sebagai penegak peraturan daerah (perda), begitu juga fungsi Iinmas yang berperan sebagai pengamanan lingkungan masyarakat. Sehingga sangat penting perananya dalam Pilkada nanti terlebih pilkada di gelar di 16 kabupaten / kota ditambah pilkada tingkat provinsi. Dengan demikian perlu otimalisasi peranan Satpol dan Linmas ini.
Dikatakan kepala Satpolpp Provinsi Jawa Barat Endjang Afandi, dalam pelaksanaan Pilkada ada tugas yang sangat penting dari Polpp, yakni melakukan penegakan Perda Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Sedangkan untuk Linmas sendiri berfungsi sebagai pengamanan lingkungan terutama untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS) membantu pihak kepolisian dan TNI.
“Peranan Polpp dan Linmas ini sangat vital dalam berjalan Pilkada, terutama Linmas yang harus menjaga keamanan lingkungan serta TPS yang ada di setiap lingkungan,” ujar Endjang saat ditemui usai upacara peringatan hari Polisi Pamong Praja di lapangan Ranggajati kabupaten Cirebon, Rabu (22/3/2017).
Menurut Endjang, khusus Linmas peran sertanya akan dilibatkan pada Pilkada mulai dari pra tahapan pemilu hingga pasca pemilu. Oleh karenanya tugas Linmas ini dinilai sangat berat terlebih lagi mereka bersama TNI dan Polri bertugas menjaga kotak suara dan TPS. Sedangkan untuk Polpp mengawasi pemasangan alat peraga yang dilakukan oleh calon sebagai tertib perda K3.
“Kami akan segera siapkan anggota Polpp begitu juga Linmas, namun sebelumnya mereka akan diberikan pelatihan terlebih dahulu,” ucap Endjang.
Kemudian ketika ditanya terkait besaran anggaran yang digunakan untuk Pilkada nanti dirinya enggan berspekulasi, namun pihaknya memastikan saat ini sedang menyusun draf anggaran terlebih dalam penetapan dana keamanan pilkada akan disatukan dengan anggaran pihak lain seprti TNI dan Polri, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak terkait yang bertugas dalam pengamanan pilkada.
“Jumlahnya belum ada sedang disusun, tapi uang jelas kami akan memperhatikan honor untuk mereka,” tutur dia.