Polda Jabar Sarankan Aremania Tak Datang Saksikan Laga Pembuka Persib vs Arema

by -83 views
Polda Jabar menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan panitia pelaksana (panpel) pertandingan pembuka Liga Satu. Persib Bandung akan berhadapan dengan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 15 April 2017.

Rakor dihadiri panpel pertandingan, petugas keamanan internal, perwakilan pemerintah Kota Bandung, perwakilan Asosiasi Provinsi (Asprov) Jabar, dan perwakilan bobotoh. Rakor dipimpin KaroOps Polda Jabar, Kombes Pol Leonidas Braksan, dan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo.

Dalam rapat itu, Polda Jabar menyarankan Aremania, pendukung Arema FC, tidak datang ke Kota Bandung untuk menyaksikan laga pembuka Liga Satu. Hal itu untuk mencegah adanya bentrokan antara bobotoh dan Aremania pada laga yang rencananya disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Harga keamanan Kota Bandung lebih oke dari pada pertandingan sepak bola. Kami prioritaskan Bandung sebagai pusat ibu kota Jabar yang lebih berarti,” Kata Karo Ops Polda Jabar, Kombes Pol Leonidas, di sela rakor pengamanan pertandingan.

Leonidas menambahkan, sepak bola memang sudah menjadi industri sehingga tak wajar jika ada pelarangan terhadap suporter. Namun, pihaknya lebih memprioritaskan laga tetap bisa berjalan dan situasi Kota Bandung tetap aman.

“Makanya solusi yang terbaik (pelarangan), Itu suatu resiko yang tidak seimbang,” kata Leonidas.

Leonidas mengatakan, pihaknya tak mungkin mengawasi semua suporter yang akan datang ke stadion. Tak menutup kemungkinan, kata dia, akan ada suporter yang berangkat secara mandiri sehingga dikhawatirkan menjadi sasaran penyerangan.

“Saran kami, PSSI melarang Arema untuk tidak hadir pada laga 15 nanti. Saya yakin bobotoh bisa memenuhi stadion kalau urusan penjualan tiket,” ujar Leonidas