Polda Ungkap Peredaran Kosmetik Bermerkuri

by -28 views

Jatinangorku.com – Subdit I Indagsi Dit Res Krimsus Polda Jabar mengungkap peredaran kosmetik berbahan bahaya jenis merkuri.

Pabrik rumahan itu beromzet ratusan juta rupiah per bulannya. Puluhan ribu kemasan kosmetik pun disita sebagai barang bukti.

Pengungkapan dilakukan Subdit I Indagsi Dit Res Krimsus Polda Jabar di Kampung Karajan RT 01/02, Desa Pucung Kota Baru, Kabupaten Karawang, Kamis (15/1/2014). Selain itu polisi juga mengamankan empat tersangka, yakni A pemilik industri rumahan dan tiga pegawainya I, M dan B.

Kasubdit I Indagsi Dit Res Krimsus Polda Jabar AKBP Eko Sulistyo mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat bahwa di wilayah Cikampek ada industri rumah tangga yang tidak memiliki izin edar penjualan kosmetik. Selain itu, kosmetik tersebut mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

“Saat digerebek, selain tidak ada izin produksi juga tidak ada izin edar dari BBPOM. Di TKP ada puluhan ribu kemasan kosmetik dan bahan bakunya,” kata Eko di Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Jumat (16/1/2015).

Dari situ, pihaknya menduga mereka meracik kosmetik merek terkenal seperti Citra dan bedak Marck dengan bahan baku atau komposisi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Menurutnya, salah satu bahan yang digunakan dalam produk tersebut, yakni merkuri. Bahan itu bisa menimbulkan iritasi dan kulit terbakar serta sangat berbahaya untuk kesehatan dan dilarang oleh BPOM.

“Kita gerebek kemarin hingga tadi dini hari. Mereka sudah memproduksi selama lima tahuh, dengan omzet per bulan mencapai ratusan juta rupiah,” ujarnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/