Polisi Pastikan Penyelidikan Dilanjutkan Meski Mahasiswi Unpad Pulang ke Malaysia

by

jatinangorku.com – Meskipun mahasiswi Unpad asal Malaysia yang menjadi korban pemerkosaan menyatakan tidak akan kembali lagi ke Indonesia, namun polisi memastikan kasus ini akan terus diproses hingga diputus ke persidangan.

Karena telah diberitahu korban tak akan kembali, korban saat diperiksa diambil sumpahnya. Sehingga, keterangan tersebut dapat digunakan meski korban tak hadir dalam proses peradilan nanti.

“Meskipun korbannya sudah ke Malaysia, proses penyidikan sampai nanti ke pengadilan akan kita lakukan. Korban sudah diperiksa dengan sumpah. Karena di BAP sudah dengan sumpah, maka nanti di sidang tidak perlu hadir,” ujar Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan saat ditemui di Mapolres Cimahi Jalan Raya Cibabat, Selasa (20/5/2014).

Ia mengatakan, proses hukum berita acara sumpah akan menjadi berkas untuk digunakan dalam proses ini. “Kita akan laporkan progres kasus ini ke Mabes Polri untuk kemudian memberikan laporan pada korban di Malaysia,” katanya.

Terkait keterangan korban, Erwin mengaku sejauh ini sudah dinilai cukup. Namun jika memang membutuhkan keterangan tambahan, mereka akan menghubungi korban melalui kedutaan.

“Kalau memang dibutuhkan kita akan kontak kedutaan. Tapi yang jelas, kami akan berupaya mengungkap kasus ini sampai akhir,” tutur Erwin.

sumber: detik.com