Polres Sumedang Janji Berantas Balapan Liar

by -12 views

Polres Sumedang Janji Berantas Balapan Liar

Jatinangorku.com – Polres Sumedang menegaskan tidak ada kompromi bagi para remaja yang melakukan aksi balapan liar. Selain mengganggu ketertiban umum, balapan liar juga bisa merenggut korban jiwa.

“Kita tegaskan, jajaran Polres Sumedang tidak akan berkompromi dengan pelaku balapan liar. Begitu mengetahui ada aksi kebut-kebutan seperti itu, anggota kita, akan langsung memburu mereka,” kata Kapolres Sumedang, AKBP Yully Kurniawan kepada “GM” di Mapolres, Selasa (6/5).

Sedangkan untuk mengantisipasi aksi balapan liar, pihaknya telah menginstruksikan anggota untuk mengawasi sejumlah lokasi yang sering dijadikan arena pacu kuda besi tersebut. Selain itu, mobilisasi patroli malam terus ditingkatkan. 

“Langkah kita itu bertujuan untuk menjaga stabilitas ketertiban umum, serta melindungi masyarakat agar tidak menjadi korban. Tidak jarang balapan liar menimbulkan korban. Dan korbannya tidak hanya pelaku, tetapi juga masyarakat pengguna jalan yang kebetulan melintas di lokasi balapan liar,” sambung Yully.

Selama ini, lanjut Kapolres, aksi balapan liar yang dilakukan remaja tanggung, selalu identik dengan unsur perbuatan melawan hukum. Bahkan di kota-kota besar, balapan liar selalu diwarnai aksi mabuk-mabukan serta perilaku seks bebas. Parahnya lagi aksi balapan liar itu ujung-ujungnya berakhir dengan perbuatan anarkis. 

“Agar kasus seperti itu tidak terjadi di Sumedang, maka saya sudah instruksikan kepada seluruh jajaran polsek agar proaktif dalam melakukan pembinaan terhadap klub sepeda motor di wilayah hukumnya masing-masing,” terangnya.

Selain antisipasi, pihaknya fokus memerangi penyakit masyarakat (pekat), meliputi pemberantasan peredaran minuman keras, perjudian, termasuk prostitusi. Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mendukung tugas kepolisian. Di antaranya segera melaporkan apabila di lingkungannnya ditemukan indikasi perbuatan melawan hukum, terutama yang berkaitan dengan pekat. “Upaya yang kami lakukan itu semata-mata untuk menjaga situasi kondusif di tengah masyarakat. Namun begitu, apalah artinya upaya kita itu jika tidak mendapat dukungan dari masyarakat,” tegasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/