Polres Sumedang Sita Ribuan Butir Petasan dan Kembang Api

by -141 views

Jatinangorku.com – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang, berhasil menyita ribuan butir petasan dan kembang api yang dipasarkan tanpa ijin di sejumlah tempat di wilayah Kab.Sumedang.

Kasat Reskrim Polres Sumedang, AKP Hidayatullah, saat menggelar barang bukti Kamis (25/6/2015) menjelaskan, ribuan butir petasan dan kembang api itu, disita dari sejumlah lapak, dalam kegiatan operasi serentak yang digelar jajaran Polsek, sejak awal Ramadan.

“Operasi yang kami lakukan ini, bagian dari cipta kondisi. Dimana kami ingin memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi umat muslim saat menjalankan puasa dan ibadah lainnya. Oleh karena itu, secara intensif dan serempak kami bersama unsur Polsek, melakukan razia petasan,” kata Hidayatullah.

Disamping itu, razia petasan juga ditujukan untuk mengantisipasi kecelakaan penggunanya. Apalagi dari petasan yang berhasil disita, ada yang berkuran besar dan berdaya ledak tinggi.

“Tentunya, kita semua tidak menghendaki, ada warga yang terluka akibat terkena ledakan petasan. Untuk itu, karena dianggap membahayakan, menggangu ketertiban umum dan peredarannya tidak berijin, maka kami terpaksa mengambil tindakan tegas, dengan melakukan larangan jual beli petasan,” tandasnya.

Disebutkannya, petasan dan kembang api yang beredar di wilayah Sumedang, di pasok dari daerah Indramayu, Bandung dan Jakarta.

“Sesuai keterangan yang diberikan pejual petasan, mereka mendapatkan barang tersebut dari daerah Indramayu, Bandung, dan Jakarta. Karena kepemilikannya tidak berijin, maka kami terpaksa harus menyita dan memusnahkannya. Sedangkan terhadap pelaku atau penjual petasan tersebut, untuk sementara kami berikan pembinaan. Dan apabila dalam operasi dilain waktu, ada dari mereka yang kembali terazia, maka kami akan melakukan tindak tegas,” terang Hidayatullah.

Sumber : http://www.galamedianews.com/