Polres Sumedang Ungkap Sindikat Pemalsu BPKB

by -129 views

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang berhasil mengungkap  sindikat  pemalsu BPKB dan dokumen penting lainnya, serta mengamankan 3 orang tersangkanya.

Ketiga tersangka yakni, DS alias Ciki (30), RK alias Aje (33) dan MR alias Iki (36). Mereka diringkus di sebuah  kontrakan, Dusun Warungkalde Desa Cikeruh Kec.Jatinangor Kab. Sumedang.

Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo, saat menggelar press release, Senin (4/6/2018), mengatakan, terungkapnya kasus tersebut bermula dari adanya laporan warga, di sekitar kontrakan tersangka, yang menyebutkan untuk membuat BPKB tidak perlu ke Kantor Polisi, karena bisa di buat di rumah.

Atas dasar laporan tersebut, anggota Satreskrim, segera melakukan penyelidikan dan pengembangan. Hasilnya anggota berhasil meringkus tersangka, berikut barang bukti yang ditemukan di TKP (tempat kejadian perkara).

“Sedangkan dokumen atau surat autentik yang dipalsukan tersangka, meliputi BPKB, STNK, SIM, KTP, Akta Tanah, Buku Nikah dan Kartu Keluarga. Bahkan dari pengakuan tersangka, mereka bisa membuat surat autentik palsu sesuai pesan atau permintaan,” terangnya.

Sementara itu, surat autentik palsu itu, dihargai antara Rp 100.000 sampai Rp 500.000. Misalnya menurut tersangka untuk sebuah “KTP” dihargai Rp 100.000 dan “BPKB” Rp 500.000.

“Dalam kasus tersebut turut diamankan dua unit sepeda motor, yang terbukti menggunakan BPKB dan STNK palsu,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dijerat pasal 264 ayat (1) Ke 1 KUH Pidana, atau Pasal 266 ayat (1), (2) KUH Pidana atau pasal 263 ayat (1), (2) KUH Pidana. “Terkait kasus tersebut,  penyidik masih terus melakukan pengembangan termasuk mendalami sejumlah keteranga  yang berhasil dikorek dari para tersangka,” pungkasnya.

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com