Polsek Jatinangor Amankan Dua Pengoplos Miras

by -34 views



JATINANGOR (GM) – Jajaran Polsek Jatinangor terus memerangi peredaran minuman keras (miras) di wilayah hukumnya. Langkah aparat Polsek Jatinangor dalam memerangi miras tersebut dalam upaya meminimalisasi aksi kejahatan yang dipicu miras.

Berkat kerja keras aparat Polsek Jatinangor, dua orang pengedar miras diamankan. Kedua pengedar sekaligus pengoplos miras tersebut adalah Id (35) yang juga peracik miras dan Hr (21).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun “GM”, Kamis (3/5), Id diciduk di rumah kontrakannya di Dusun Warung Kalde, Desa Cikeruh, Kec. Jatinangor, dan Hr, pedagang miras diciduk di Jalan Raya Bandung-Garut, Desa Cintamulya, Kec. Jatinangor.

Dari tangan Id, polisi mengamankan 2 liter alkohol, gula sodium 4 bungkus masing-masing berisi 500 gram, aroma rasa anggur 5 botol ukuran 60 mm serta bahan perwarna lainnya.

Di Mapolsek Jatinangor, Id mengaku sudah sepuluh tahun membuat racikan miras jenis ginseng itu. Ia mempelajari keahlian itu dari temannya.

“Sebenarnya, saya membuat miras racikan tidak menggunakan takaran, dikira-kira saja. Hasil racikan itu dipasarkan ke sejumlah toko. Termasuk toko milik saya sendiri,” katanya kepada wartawan di Mapolsek Jatinangor.

Ia menjelaskan, miras hasil racikannya sudah cukup banyak beredar. Para pelanggannya merupakan anak muda yang memiliki uang pas-pasan. “Para pelanggan saya sudah cukup banyak. Mereka berasal dari kalangan anak muda,” katanya.

Sementara dari tangan Hr, polisi mengamankan barang bukti minuman tuak di dalam jeriken berisi 30 liter, 18 botol plastik berisi ginseng, 4 botol miras jenis ciu, 6 botol intisari dan 6 botol jenis arak, dan 3 plastik tuak.

Kopolsek Jatinangor, Kompol Nana Sumarna didampingi Panit 1 Aiptu Adang Rohmana, mengatakan, pihaknya telah mengamankan dua penjual, sekaligus pengoplos miras, serta mengamankan barang buktinya, dalam dalam upaya melakukan gerakan operasi penyakit masyarakat (pekat).

“Kami akan terus memerangi peredaran miras. Sebab, miras dapat memicu tindak kejahatan. Kedua pelaku yang ketahuan menjual miras dikenai undang-undang tindak pidana ringan tentang peredaran minuman beralkohol dan diatur dengan Perda No. 17 Tahun 2003 pasal 2 dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara,” katanya.

Sumber : klik-galamedia