Prabowo-Hatta Unggul di 22 Kabupaten/Kota di Jabar

by -10 views

Prabowo-Hatta Unggul di 22 Kabupaten/Kota di Jabar

Jatinangorku.com – Rekapitulasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat Jawa Barat sudah rampung. Pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta unggul di 22 kabupaten/kota.

Dari total 33 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU mencatat ada 23.697.696 suara sah. Sebanyak 14.167.381 luluh sebagai pemilih pasangan nomor urut 1 Prabowo Hatta. Sementara pasangan Jokowi-JK mendapatkan 9.530.315.

“Hasil rekapitulasi di Jabar alhamdulillah berjalan dengan lancar. Pasangan nomor urut satu meraih suara 59,79 persen. Sementara pasangan nomor urut 2 meraih 40,21 persen,” tutur Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Jumat (18/7/2014).

Rapat pleno terbuka rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pilpres ini digelar di aula KPU Jabar sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Usai menutup hasil rekapitulasi, Yayat Hidayat meminta kedua kubu untuk menyampaikan keberatan dalam penghitungan perolehan suara. Meski kedua kubu menerima hasil perolehan suara.

Salah satu keberatan kedua kubu kompak menyoroti penggunaan KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Saksi Jokowi-JK menilai sekitar 650 ribu orang di Jabar kehilangan hak pilih karena terbentur aturan KPU. Mereka berharap penyelenggaraan pemilu pada 2019 bisa lebih baik.

Setelah itu, Ketua KPU, komisioner, Bawaslu dan saksi menandatangani berita acara. Yayat mengaku hasil rekapitulasi ini akan dikirimkan ke KPU pusat pada 19 Juli 2014. Pihaknya akan menyampaikan hasil rekapitulasi ini pada 22 Juli mendatang.

Selama pelaksanaan rekapitulasi, jajaran kepolisian dan TNI melakukan penjagaan ketat di kantor KPU Jabar. Penjagaan dilakukan hingga jalan raya.

Polisi menutup jalan dengan besi kawat. Tak hanya itu beberapa kendaraan taktis dan polisi bersenjata lengkap pun berjaga-jaga demi mengamankan kelancaran rekapitulasi.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/