Pramono, “Demokrasi Saat Ini Semu”

by -19 views

Pramono, “Demokrasi Saat Ini Semu”

Jatinangorku.com – Berkembangnya fenomena demokrasi di Indonesia semenjak zaman reformasi yang diiringi dengan gejolak politik yang semakin tidak karuan, berimbas pada aktualitas komunikasi politik yang dirayakan dengan dangkal, menghalalkan segala cara, dan saling menyerang.

Komunikasi politik dipenuhi oleh ingar-bingar yang menyebabkan hilangnya esensi dari politik itu sendiri. Bahkan agama sebagai sisi religius seseorang se-ring dimanfaatkan untuk meningkatkan citra seorang politisi. 

“Secara esensial politik memiliki keluhuran budi dan nilai yang menuntun pada kedalaman mengelola tata kehidupan bersama berdasarkan prinsip etika, keadilan toleransi, dan kebersamaan. Demokrasi saat ini dinilai semu dan menghalalkan segala cara,” jelas Wakil DPR RI, Dr. Pramono Anung Wibowo saat memberikan orasi ilmiahnya di hadapan civitas akademika pada Dies Natalies ke-53 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad), di Bale Sawala, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (18/9).

Menurut politisi PDIP tersebut, keadaan politik diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan bersama, membangun pencerahan dan kesadaran bagi masyarakat melalui kesantunan kata-kata dan perilaku yang beradab dalam proses berpolitik. 

Dalam orasi dengan mengabil tema “Membangun Komunikasi Politik Beretika”, Anung berpendapat, absennya etika politik di kalangan elite politik di negeri ini telah melahirkan serta menumbuhkan semangat politik pencitraan yang bertujuan hanya untuk merebut kekuasaan politik semata. 

Dengan digelarnya Dies Natalis ke-53 Fikom Unpad ini, Anung berharap dijadikan momentum reflektif terhadap peran Fikom Unpad dalam menghasilkan sarjana, magister, dan doktor ilmu komunikasi berkualitas yang diharapkan mampu menghadirkan energi kebaikan bagi kemajuan bangsa.

Sumber : http://klik-galamedia.com