Proses Pembentukan Pansus Jatigede Melempem Lagi

by -114 views

Proses Pembentukan Pansus Jatigede Melempem Lagi

Jatinangorku.com – Proses pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Jatigede di DPRD Kab. Sumedang, kini melempem lagi. Padahal, beberapa bulan lalu hasil rapim (rapat pimpinan) DPRD Kab. Sumedang menyatakan sepakat secara bulat untuk membentuk Pansus Jatigede. Bahkan, proses pembentukannya tinggal menunggu pengumpulan data dan keterangan untuk disampaikan dalam sidang paripurna pembentukan Pansus Jatigede.

“Jujur saja proses pembentukan Pansus Jatigede, sekarang melempem lagi,” kata Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ermi Triaji di DPRD Kab. Sumedang, Selasa (20/8/2013).

Ia mengatakan, melempemnya proses pembentukan Pansus Jatigede itu, kemungkinan karena jadwal kerja di DPRD kini cukup padat. Saat ini DPRD sedang disibukan dengan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS), Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) perubahan tahun 2013 dan RAPBD tahun 2014.

Ditambah lagi, kini tengah pembahasan tiga raperda (rancangan peraturan daerah) tentang Retribusi Jasa Umum, Perizinan Tertentu dan HIV/Aids. “Mungkin itu yang menyebabkan proses pembentukan Pansus Jatigede telat,” ujar Ermi.

Tidak menutup kemungkinan juga, lanjut dia, proses pembentukan pansus tersendat masih terjadinya pro kontra di antara anggota dewan. Itu terjadi, walaupun rapim sudah memutuskan menyepakati pembentukan Pansus Jatigede. Alasan anggota dewan yang kontra, karena pembangunan Waduk Jatigede merupakan program dan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi. Penanganan berbagai permasalahannya otomatis menjadi kewenangan dan tanggungjawab pusat dan provinsi. Oleh karena itu, tidak perlu dibentuk Pansus Jatigede. “Itu realita yang terjadi sekarang ini,” tuturnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com