Proyek KEK Jatigede Terus Digodok

by -72 views

Proyek KEK Jatigede Terus DigodokRENCANA Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk menjadikan wilayah di sekitar Waduk Jatigede menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus digodok. 

Guna akselerasi perwujudan hal tersebut, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan bersama-sama tim perintis KEK Kab. Sumedang yang diketuai Kepala Bapppplitbangda Kab. Sumedang, H. Sanusi Mawi beserta anggota lainnya yaitu Plt. Asisten Pembangunan, Ir. Amim, Kepala Disbudparpora, Agus Sukandar, Kepala Dinas PU & Penataan Ruang, Sudjatmoko dan anggota lainnya, menyelenggarakan rapat pembahasan Tim Pengusul KEK Pariwisata Waduk Jatigede, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Negara Sumedang, Selasa, (29/8/2017) dengan menghadirkan pula para calon investor seperti dari pihak Bank Jabar Banten dan dari PT. Sari Ater.

Bupati Eka dalam rapat tersebut menjelaskan, dengan adanya KEK Jatigede, diharapkan akan turut memacu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan efisiensi dan kemudahan penyediaan infrastruktur, meningkatkan kesempatan kerja dan profesionalisme pengelolaan kepariwisataan. Ia pun optimis, pengajuan Jatigede untuk menjadi KEK akan diloloskan oleh Badan KEK Nasional.

“Saya kira KEK Jatigede telah sesuai dengan kriteria, dimana telah adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, sesuai dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah, terletak pada posisi dengan jalur perdagangan internasional/pelayaran, wilayah potensial sumber daya unggulan dan telah mempunyai batas yang jelas. Dengan modal itu semua kita optimis KEK Jatigede akan terwujud,”ungkapnya.

Terkait Pengusul KEK, lanjut Eka, pengusul harus datang dari Badan Usaha. Diakui pula Pihaknya telah menunjuk PT. Kampung Makmur Sejahtera, namun sampai dengan saat ini belum berjalan dengan optimal, karena sebelumnya harus dilakukan penunjukkan Direktur Utama pada PT. Kampung Makmur Sejahtera.

“Dalam hal pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus Jatigede, kita (Pemkab) tidak bisa melakukan langsung kepada pemerintah, melainkan harus melalui BUMD pengusul yang dalam hal ini PT. Kampung Makmur Sejahtera dengan mengajukan proposal guna diverifikasi oleh Badan KEK Nasional, namun memang kita harus segera menunjuk Direkturnya terlebih dahulu,”ujar Eka. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah raga, Agus Sukandar turut memperkuat pernyataan Bupati Eka saat itu, yang mana Bupati Optimis KEK Jatigede akan terwujud. Dirinya pun akan mulai fokus mengarahkan pembangunan pariwisata pada KEK Jatigede.

“Dengan adanya KEK, maka akan jadi panduan bagi kami untuk mengarahkan segala bentuk pariwisata ke sana, namun kita juga jangan lantas mengabaikan destinasi wisata yang lainnya,”ujar Agus.

Sementara itu, setelah sebelumnya menyimak ekspose yang dilakukan Bupati Eka, perwakilan dari PT. Sari Ater, Dindin menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang yang telah mengajak PT. Sari Ater sehingga terlibat pada proyek KEK Jatigede.

“Terus terang kami sangat “reugreug” dengan melihat komitmen tim perintis KEK Jatigede saat ini, dan kami pun berterimakasih karena telah dilibatkan dalam proyek ini karena tentu ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mulai berkiprah di Sumedang, namun demikian kiranya perlu kami sampaikan terlebih dahulu kepada Direksi kami,” terangnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com