Proyek Tol Cisumdawu, Di Cileunyi dan Jatinangor Masih Belum Sosialisasi

by -269 views

Proyek Tol Cisumdawu, Di Cileunyi dan Jatinangor Masih Belum Sosialisasi

Jatinangorku.com – Hingga saat ini, proyek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cidumdawu) masih terkendala. Sejumlah lahan di wilayah yang akan terkena proyek tersebut belum dibebaskan.

Di antaranya di Kec. Cileunyi Kab. Bandung dan Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang. Jangankan pembebasan lahan, sosialisasi pun masih belum dilakukan. Sementara untuk wilayah lainnya seperti Rancakalong dan Tanjungsari, Kab. Sumedang sudah sampai proses pembebasan lahan.

Proyek tol sepanjang 60,11 km yang melintasi sejumlah kecamatan di Kab. Sumedang ini akan membeikan manfaat. Selain mengatasi kemacetan dan kepadatan kendaraan di jalur nasional Jalan Jatinangor-Pamulihan, juga mengurangi beban kendaraan yang melintasi Jalan Cadas Pangeran.

Sayangnya untuk Kec. Cileunyi dan Kec. Jatinangor, yang merupakan pintu gerbang Tol Cisumdawu hingga Kamis (19/9) belum tersentuh sosialisasi. Sedangkan sejumlah titik di wilayah Kab. Sumedang, sudah menyelesaikan pembebasan lahan, seperti Kec. Rancakalong.

Camat Rancakalong, H.Y. Karyono menuturkan, pembangunan Tol Cisumdawu dilakukan setelah pembebasan lahan warga beres. “Pembangunan lancar karena tanah milik warga semuanya sudah dibebaskan,” katanya.

Pembayarannya pun sudah direalisasikan dengan lancar. “Pengerjaan awal proyek tol yang masuk kawasan Rancakalong, mulai terlihat di lahan bekas permukiman dan pertanian,” jelasnya.

Ditambahkan, pengerjaan dilakukan dengan menggunakan puluhan alat berat. “Bagian atasnya pun sedang dipadatkan dengan batu,” katanya.

Tol Cisumdawu yang melintasi wilayahnya akan mendongkrak perkembangan wilayah. Untuk itu, pihaknya ikut mempersiapkan dan membenahi wilayahnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com