PSSI akan Verifikasi 25 Klub

by -27 views
PSSI akan Verifikasi 25 Klub
PSSI akan Verifikasi 25 Klub

PSSI akan Verifikasi 25 Klub

Jatinangorku.com – Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, akan dimulai pada awal 2014.

Kompetisi itu terdiri dari 18 klub peserta kompetisi Liga Super Indonesia (LSI), dan empat klub Liga Prima Indonesia (LPI).

Sebelum berpartisipasi di kompetisi musim depan, sebanyak 25 klub di Indonesia akan mengikuti tahapan verifikasi PSSI, sebagai syarat dapat berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada tahun depan.

Dari 25 klub, 18 di antaranya merupakan peserta kompetisi LSI. Sedangkan tujuh lagi merupakan klub yang melalui tahapan verifikasi, setelah lolos dari babak playoff.

Sekjen PSSI Joko Driyono menjadwalkan, pemahaman kepada 25 klub mengenai mekanisme verifikasi kelayakan klub peserta, bakal digelar pada awal November.

“PSSI merencanakan mengundang 25 klub. Rencananya pertemuan pada 4 atau 5 November. Di kesempatan itu, PSSI akan menyampaikan regulasi liga baru, proses verifikasi dan seterusnya,” tutur Joko, ditemui di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Menurutnya, dalam melakukan verifikasi, pihaknya memberikan penilaian sesuai standar aspek klub profesional yang meliputi aspek hukum, personel, administratif, keuangan, infrastruktur, serta sporting yang meliputi kepelatihan dan pembinaan.

Nantinya, dia melanjutkan, tim verifikasi dari PSSI akan menilai apakah 25 klub itu memenuhi persyaratan sebagai klub profesional atau tidak. Dalam melakukan verifikasi, pihaknya tidak melipatkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

“PSSI punya kewajiban membentuk unit verifikasi. Verifikasi merupakan urusan internal PSSI, jadi AFC tidak ada urusan. Hasil verifikasi bisa dipertanggungjawabkan ke anggota. Semua aspek itu secara tegas harus dipenuhi,” jelasnya.

“Tentu saja, 7 klub LPI mengisi 4 slot LPI yang ada di kompetisi musim depan. Sementara, 18 klub LSI mendapatkan slot 18. Jadi, 22 klub itu kuota maksimal, kalau ada klub yang tidak dapat memenuhi persyaratan, bisa berubah dari 22 klub,” paparnya.

Joko Driyono menambahkan, idealnya verifikasi dilakukan satu bulan, setelah pertemuan PSSI dengan 25 klub peserta yang kemungkinan akan dilangsungkan pada 4 November.

“Ideal verifikasi dilakukan sebulan setelah pertemuan, yakni pada awal Desember. Tapi, kami akan coba di minggu ketiga atau keempat November. Dilakukan lebih cepat, supaya klub punya waktu untuk pre season,” bebernya.

25 klub yang akan diverifikasi:

LSI: Persipura Jayapura, Arema Indonesia, Mitra Kukar, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Barito Putera, Persisam Samarinda, Persiram Raja Ampat, Gresik United, Persepam Madura United, Persija Jakarta, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, Persita Tangerang, Pelita Bandung Raya, Persebaya, Perseru Serui, Persik Kediri.

LPI: Pro Duta, PSM Makassar, Persijap Jepara, Persepar Palangkaraya, Perseman Manokwari, Persiba Bantul, dan Semen Padang.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/