PT Kahatex Bisa Berhenti Produksi Jika Dilarang Buang Limbah Cair

by -70 views

 

General Affair PT Kahatex, Luddy mengatakan, larangan membuang limbah cair dapat berdampak pada berhentinya kegiatan produksi PT Kahatex. Dimana akan sangat merugikan PT Kahatex sebagaiindustri yang terintegrasi.

Jika produksi PT Kahatex Rancaekek berhenti, ujar Luddy, pabrik pendukung lainnya juga akan ikut berhenti. Padahal, khusus di wilayah Jawa Barat, PT Kahatex menjadi pemasok 70 persenindustri tekstil dan garmen.

“Otomatis semuanya akan terkena imbas dari behentinya produksi PT Kahatex ini. Hari ini juga kami mendoaat laporan bahwa PT Lie Tex pabrik yang kami pasik sudah mulai ditinggalkan buyer dari liar negeri,” kata dia. Di Pt Kahatex, Jumat (1/7).

PT Lie Tex sendiri, memiliki 18 ribu karyawan yang pastinya akan dirumahkan jika semua buter dari kiar negeri membatalkan pesanannya. Belum lagi, karyawan PT Kahatex Rancaekek dan Cijerah yang lebih dari 55 ribu ornag juga terancam akan dirumahkan.

Luddy mengatakan, kondisi tersebut adalah Force Masure dimana perusahaan dipakasa menutup usahanya. Dan secara otomatis perusahaan tidak mampu membayar pesangon karyawan jika terjadi PHK dalam jumlah massal.

“Maka dari itu kami minta pemerintah lebih bijaksana dalam menyikapi masalah ini. Karena penutupan kasus IPLC perusahaan tekstil di Sumedang pasti berdampak sosial yang sangat dahsyat,” kata dia