Puasa, Jatinangor Bersih Miras

by -51 views


JATINANGOR (GM) – Menjelang Ramadan yang tinggal dua pekan lagi, sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di wilayah Jatinangor Kab. Sumedang dan sekitarnya berharap aparat terkait menertibkan peredaran minuman keras (miras).

“Saat ini disinyalir miras masih banyak dipasarkan secara ilegal di kios atau di warung-warung. Sebab peredaran miras itu dapat mengganggu kekhusyukan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa. Sekali lagi, Ramadan ini Jatinangor kudu bersih miras,” kata Ketua LSM Forum Rakyat Bersatu untuk Keadilan (Forrbeka) Kab. Sumedang, Sitam Rasyid kepada “GM”, Kamis (5/7).

Tak hanya peredaran miras yang harus menjadi perhatian aparat penegak hukum, penyakit sosial seperti prostitusi terselubung pun harus diperhatikan karena merusak moral warga.

“Selama menjalankan ibadah puasa, hiburan malam dan karaoke juga harus ditutup. Jangan sampai tempat hiburan malam yang berpotensi dan diduga dijadikan ajang prostitusi itu dibiarkan buka,” katanya.

Termasuk peredaran petasan karena bahan peledak tersebut dapat membahayakan jika digunakan sembarangan. “Apalagi saat ini dijual bebas. Saya sempat melihat di lapak-lapak pedagang, petasan ini ada yang diedarkan. Karena itu harus dihentikan produksinya. Jangan sampai dipasarkan sembarangan,” katanya.

Menurutnya, hal ini akan membuat ibadah puasa berlangsung damai.

“Kami minta pihak aparat keamanan dan Pemkab Sumedang bisa menertibkan hal ini,” katanya.

Jika pemerintah atau penegak hukum menemukan warung yang mengedarkan miras selama bulan Ramadan, pihaknya meminta agar mereka ikut ditindak. Termasuk tempat hiburan malam dan karaoke. “Yang tidak menghormati dan menaati aturan ini kami minta ditindak tegas,” tukasnya.

Pihaknya sangat mendukung gerakan pemerintah dan aparat hukum yang bertindak tegas melakukan penutupan tempat hiburan malam dan penjualan miras juga tempat prostitusi. “Jika persoalan tersebut dibiarkan, kemungkinan ada tindakan dari warga dan ormas Islam serta LSM,” tuturnya.

Sumber : klik-galamedia