Puff Pastry Durian

by -94 views
Puff Pastry Durian
Puff Pastry Durian

Puff Pastry Durian

Jatinangorku.com – Durian, salah satu buah yang kini banyak digemari. Diolah menjadi apa saja, tetap banyak digemari. Tak heran jika akhirnya buah yang satu ini dijuluki sebagai rajanya buah alias King of Fruit.

Khas dengan kulitnya yang keras dan runcing tajam, buah ini memiliki bau yang khas. Walaupun beberapa orang tidak menyukai buah ini karena baunya yang sangat tajam, tapi akhir-akhir ini banyak yang mendadak jatuh cinta dengan pancake durian. Anda salah satunya?

Tidak hanya dimakan sebagai buah atau disajikan dalam bentuk pancake, durian juga banyak diolah menjadi berbagai macam olahan, mulai dari roll cake, es krim, pancake dan pastry. Nah, kali ini Vemale berkesempatan untuk masak bareng dengan salah satu Chef cantik di Indonesia, dia adalah Chef Chitra. Wanita yang bernama lengkap Chrysania Chitra Dewi ini akan menunjukkan kepiawaiannya dalam mengolah duren. Jadi nggak sabar ya? Here we go!

Bahan yang dibutuhkan :

250 gram daging buah durian yang telah diambil bijinya,

1 sendok teh garam

3 butir telur di ambil kuningnya saja

50 gram tepung maizena / cornstarch

70 gram gula pasir

700 ml susu putih cair

20 gram butter untuk memoles

Dan satu bungkus kulit pastry sudah jadi berukuran sedang ( bisa dibeli di supermarket)

Bahan Hiasan :

buah strawberry

gula bubuk

Cara membuat adonan isi :

  • Kocok tiga buah kuning telur dengan kecepatan sedang, kemudian perlahan2 sambil dikocok masukan susu putih cair, (sebaiknya telur yang digunakan yaitu telur dalam kondisi suhu ruangan).
  • Siapkan wajan, kemudian panaskan wajan di atas api yang tidak terlalu besar (hal ini untuk menghindari agar tidak hangus), masukkan maizena dan gula pasir, aduk rata, dan secara perlahan – lahan kita bisa memasukkan campuran dari susu cair dan kuning telur yang telah dikocok ke dalam wajan.
  • Selama di atas wajan, aduk rata, masukan sedikit garam, tunggu hingga mengental

Cara memasak :

  1. Setelah adonan isi durian matang dengan tingkat kekentalannya yang pas yaitu creamy dan agak kental, dinginkan selama 20 menit.
  2. Siapkan tatakan meja untuk menggulung kulit pastry, lalu taburi dengan terigu agar tidak lengket, kemudian siapkan alat untuk menggulung (roller) yang juga telah ditaburi terigu.
  3. Ambil satu buah kulit pastry yang sudah jadi, kemudian gulung sedikit ke depan dan ke belakang, agar lebih tipis. (dengan bentuk kulit pastry kotak bisa dibuat beberapa bentuk, seperti bentuk segitiga, permen, kotak, dll)
  4. Ketika menggulung – gulung dan menipiskan kulit pastry terdapat lubang, tidak perlu khawatir, karena bisa menambalnya dengan terigu.
  5. Kemudian masukan isian durian yang telah dingin ke dalam kulit pastry, tambahkan butter di setiap sisi kulit pastry agar melekat, kemudian bentuk sesuka hati
  6. Siapkan loyang dan olesi dengan butter, kemudian susun di atas loyang pastry yang telah dibentuk, jangan lupa sedikit digunting di atasnya agar mengembang, sehingga udaranya keluar.
  7. Pastikan ketika Anda memasukkan pastry ke dalam oven, oven dalam keadaan panas mencapai 170 – 180 derajat C.
  8. Sebelumnya, oleskan pastry dengan butter di atasnya agar mengkilat, dan jangan lupa susunannya sedikit renggang agar satu sama lain tidak menempel ketika mengembang.
  9. Panggang selama 20 – 25 menit (ini bisa disesuaikan dengan keadaan tingkat kematangan yang diinginkan).
  10. Sebagai sentuhan terakhir, bisa ditaburi dengan gula bubuk, dan menghiasnya dengan beberapa buah strawberry agar tampak lebih berwarna.

TIPS : Jika tidak suka buah durian, bisa menggunakan jeruk dan jika sudah berhasil membuat resep ini, olahan isi bisa diganti seperti menggunakan daging dan sayuran.

Sumber : http://www.vemale.com