Puluhan Baliho dan Reklame Liar Ditertibkan, Warga Jatinangor Mengaku Tak Tahu Ada Aturannya

by -73 views

Sebanyak 40 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) KabupatenSumedang melakukan razia penertiban papan reklame dan baliho di wilayah Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Jatinangor, Jumat (21/10). 

Pantauan Tribun di lapangan, personel Satpol PP menertibkan puluhan baliho liar tanpa izin dan membongkar beberapa papanreklame permanen yang dipasang menggunakan besi dengan cara memotong tiangnya dengan menggunakan alat pemotong besi.

Tak sedikit papan reklame dan baliho juga dilepas sendiri oleh para pemiliknya. Mereka melepas baliho dan papan reklameyang sudah menyalahi aturan dengan dibantu personel Satpol PP.

Selain itu, para pemilik baligho dan reklame tersebut juga menandatangani surat perjanjian untuk tidak memasang kembali baligho atau pun reklame secara liar dan tidak sesuai peraturan.

“Saya tidak tahu kalau ada peraturannya. Jadi ya saya pasang saja buat promosi dagangan saya. Tahunya dianggap liar,” ujar Eman Hadi (46) salah seorang pemilik baligho liar di Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung saat ditanya Tribun.

Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat mengatakan, penertiban papan reklame dan baligho liar tersebut merupakan kegiatan rutin untuk menjaga keindahan wilayah dan penegakan peraturan daerah. 

“Kami lakukan ini karena banyak baligho dan papan reklameyang pemasangannya tidak sesuai dengan peraturan,” ujar Asep kepada Tribun di Cimanggung di sela-sela penertiban. 

Menurutnya, selain tidak berizin, pemasangan baligho dan papanreklame tersebut tidak berpajak serta dipasang secara liar diatas trotoar, pembatas jalan, ditiang listrik mau pun di batang pohon-pohon besar