Puluhan Warga Sayang Ontrog PT DAG

by -297 views

Puluhan Warga Sayang Ontrog PT DAG

Jatinangorku.com – Puluhan warga Desa Sayang, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Selasa (3/9) pagi mendatangi PT Daya Aditya Gemilang (DAG). Mereka mempertanyakan hak dan tanggung jawab pihak perusahaan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, unjuk rasa dilakukan karena warga kecewa. Sebab musyawarah sebelumnya tidak membuahkan hasil. 

Warga mengancam akan melakukan unjuk rasa besar-besaran jika tuntutannya tak kunjung dipenuhi. 

Sementara  salah seorang aparatur Desa Sayang, Ade Brata didampingi Kepala Dusun 1, Dede Sudirman kepada wartawan membenarkan, pabrik yang sudah berjalan dua tahun itu, tidak pernah menjalankan hak dan kewajibannya terhadap warga.

“Warga kesal karena perusahaan dinilai tak pernah mengindahkan tuntutan berupa fasilitas umum, tenaga kerja, dan biaya pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

Dikatakan Ade, manajemen pabrik tanpa papan nama perusahaan itu juga merekrut tenaga kerja dari luar Desa Sayang.

“Kami pun mempertanyakan izin usaha perusahaan. Katanya di dalam satu kawasan pabrik pemintalan benang itu, terdapat juga pabrik sepatu,” terangnya

Di tempat terpisah, anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Komisi D, Dadang Rohmawan didampingi Kades Sayang, Dodi S. membenarkan, perusahaan dinilai tidak berpihak pada warga.

“Kita turut mendorong aspirasi warga dengan harapan pihak perusahaan bertanggung jawab dan memenuhi hak dan kewajibannya,” kata Dadang.

Momen reses, katanya, bisa digunakan untuk membela hak masyarakat.

“Saya tekankan, kepada pihak perusahaan tolong proaktif. Perhatikan hak warga. Meski tak ada pimpinan perusahaannya, ‘kan bisa melalui perwakilannya,” ujar Dadang.

Ketika sejumlah wartawan hendak melakukan konfirmasi kepada pihak perusahaan, salah seorang petugas keamanan mengaku jika pimpinannya menolak diwawancara. “Silahkan menunggu di luar pabrik saja,” ujarnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com