Puskesmas Cimalaka Berupaya Tekan Jumlah Kematian Ibu dan Bayi Lewat Aplikasi di Ponsel

by -28 views

Masalah kehamilan menjadi salah satu aspek yang mendapat perhatian lebih dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut karena kasus kematian ibu akibat masa kehamilan hingga nifas meningkat dari tahun 2016 lalu, begitu pula angka kematian bayi.

Menurut data resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, jumlah kematian ibu pada tahun lalu mencapai angka 18 jiwa, sementara pada tahun ini, hingga hari ini tercatat 20 ibu meninggal akibat kehamilan hingga nifas.

Sementara untuk kematian bayi, tahun 2016 lalu tercatat 126 kasus, sementara pada tahun ini, hingga hari ini tercatat ada 137 kasus kematian bayi.

Untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, aplikasi Cimalaka Sehat yang diluncurkan oleh Puskesmas Cimalaka dilengkapi dengan menu konsultasi khusus kehamilan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Cimalaka, Supriyanto, ketika ditemui Tribun Jabar di Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, 

“Di menu konsultasi kehamilan itu, user diminta mengisi format hari pertama haid terakhir,” ujar Supiyanto.

Setelah diisi, sistem akan menjawab secara otomatis usia kehamilan user sesuai hitungan hari pertama haid terakhir tersebut.

Selain itu, para ibu pengguna aplikasi ini pun akan dikirim notifikasi pengingat jadwal kontrol pemeriksaan kehamilan dan imunisasi bagi anak.

“Jadi tidak akan lupa waktu kontrol kehamilan lagi,” ujarnya.

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/