Puskesmas Sumedang Siap Terima Dana Kapitasi

by -22 views

Puskesmas Sumedang Siap Terima Dana Kapitasi

Jatinangorku.com – Juni 2014 ini, seluruh puskesmas di Sumedang disiapkan untuk sudah dapat menerima kiriman dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional yang berasal dari Kementerian Kesehatan untuk membiayai pelayanan kesehatan pasien peserja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Dinas Kesehatan Sumedang sudah menyiapkan bendaraha kapitasi JKN di setiap puskesmas yang nantinya akan mengelola keuangan kapitasi JKN.

Sejak 1 Mei 2014, dana kapitasi JKN akan langsung diterima puskesmas dan tidak lagi melalui Dinass Kesehatan sebagai instansi yang menaunginya. Hal ini ditujukan untuk mengefektifkan pengelolaan dana JKN yang dipergunakan hanya untuk operasional dan jasa pelayanan kesehatan peserta BPJS.

“Mulai Juni 2014 ini kami sudah mengusahakan agar seluruh puskesmas sudah bisa menerima dana kapitasi langsung, tanpa harus melalui Dinas Kesehatan, karena aturannya sejak Mei 2014, dana itu harus langsung diterima ke rekening puskesmas yang dikelola seorang bendahara,” jelas Kepala Dinas Kesehatan drg. Agus Rasjidi, Kamis (12/6/2014).

Dana yang langsung diterima dan dikelola puskesmas akan memudahkan kinerja pelayanan kesehatan. Puskesmas tak ada lagi alasan untuk mengurangi kinerja karena adanya keterlambatan pengiriman dana JKN dari kas pemerintah daerah ke setiap puskesmas.

Meski menjadi kemudahan bagi puskesmas, aturan ini akan mudah mengundang adanya kesalahan pengelolaan yang disebabkan kesalahan administrasi keuangan.

Namun, Agus menyebutkan, kekhawatiran ini dijawab dengan melatih para bendahara agar cakap mengelola keuangan.

“Bendaharanya dilatih agar cakap mengelola keuangan sesuai aturan. Selain itu, mereka juga dibekali surat keputusan dari bupati untuk menjamin pekerjaan dia, artinya kalau ada niat penyalahgunaan keuangan maka akan terseret kasus hukum,” kata Agus.

Di Sumedang, puskesmas yang akan menerima dana kapitasi JKN terbesar adalah Puskesmas Cimanggung dengan nilai lebih Rp220 juta, sedangkan puskesmas dengan dana kapitasi terkecil adalah Puskesmas Surian yaitu Rp12 juta

Sumber : http://www.inilahkoran.com/