Rahasia Di Balik Biji Semangka

by -9 views

Oleh : Sarah Bintang L.

Mahasiswi Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran

Jatinangorku.com – Selama ini biji semangka dianggap sebagai limbah pangan yang tidak bermanfaat. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan biji semangka yang masih sangat minim. Masyarakat Indonesia cenderung hanya mengkonsumsi bagian daging dari buah semangka saja. Di negara lain seperti Nigeria, biji semangka telah dimanfaatkan dalam pembuatan sup atau produk bermanfaat lainnya seperti minyak biji semangka dan teh ekstrak biji semangka.

Banyak orang Indonesia yang belum mengetahui manfaat kesehatan dari biji semangka, padahal biji semangka merupakan sumber vitamin B, yaitu niasin, tiamin dan folat yang menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Biji semangka juga kaya akan mineral seperti besi, seng, kalium, magnesium, mangan, fosfor dan tembaga. Bagi orang yang mengalami masalah gangguan pencernaan, biji semangka dapat digunakan sebagai sumber serat yang penting untuk gerakan usus atau pencernaan yang sehat.

Biji semangka juga kaya akan kandungan asam amino esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh misalnya lisin dan arginin. Lisin membantu tubuh untuk menyerap kalsium secara optimal dan membantu pembentukan kolagen dalam tubuh, sedangkan arginin dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan jantung dan kesehatan seksual.

Dengan kandungan gizi yang sedemikian banyak, potensi biji semangka sebagai asupan gizi sangat besar. Jika pemanfaatan limbah biji semangka dilakukan secara tepat, maka akan dihasilkan produk pangan yang inovatif dan bergizi tinggi misalnya kuaci yang mengandung banyak kalori, teh, dan lain-lain.