Rairda XII di Buper Kiarapayung Jatinangor Pecahkan Rekor MURI

by


JATINANGOR

Sebanyak 8.525 anggota Pramuka mengikuti Raimuna Daerah (Rairda) XII Jawa Barat di Bumi Perkemahan (Buper) Dr. Mashudi Kiarapayung, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Rabu (19/12).

Kegiatan dibuka Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar, Dede Yusuf Macan Effendi. Kegiatan ini diikuti anggota Pramuka Penegak dan Penggalang dari 26 kabupaten/kota se-Jabar. Rairda Jabar XII ini memecahkan rekor Muri untuk kategori duta antinarkoba peserta terbanyak. 

Dalam sambutannya, Dede Yusuf mengatakan, Rairda kali ini mengambil tema “Panceg Lampah Dina Galur, Sauyunan Ngawangun Lemah Cai, Ngadegkeun Pamingpin Anu Sajati Tur Saati Sangkan Nanjeur Najuritan Jaya di Bhuana”. “Dalam bahasa Indonsesia dapat diartikan kukuh dalam pendirian, bersama-sama membangun Tanah Air, mendirikan atau menciptakan pemimpin yang sejati dan sehati untuk berdirinya, negara atau daerah yang berjaya di dunia,” katanya.

Intinya, pemimpin yang amanah dan berdedikasi pada bangsa dan negara, termasuk masyarakat adalah pemimpin sejati yang bisa mengangkat derajat bangsa di dunia internasional.

Dikatakannya, Rairda saat ini merupakan kegiatan yang terbesar sepanjang sejarah. Sebab diikuti ribuan peserta hingga memecahkan rekor muri dengan kategori duta antinarkoba terbanyak.

Di tempat yang sama, Tantan Munandar, S.Pd. selaku Ketua Pelaksana Rairda XII Jabar mengatakan, Rairda diselenggarakan setiap lima tahun sekali. 

“Kegiatan ini yang terbesar. Berbeda dengan sebelumnya, Rairda saat ini tidak hanya diikuti anggota Pramuka, namun juga berbagai komunitas pemuda kreatif,” katanya. 

Menurutnya, kegiatannya tersebut terbagi menjadi 12 kampung giat, seperti kampung adventure, satuan karya, kuliner, entertainment, budaya, community, iptek, lifeskill, dan penanggulangan bencana.

“Ada juga pengukuhan Jabar Scout Rescue berikut pencanangan program Pramuka Buku Hidup melalui jejaring sosial,” terang Tatan. 

Sejumlah peserta ketika dimintai komentarnya menyambut positif Rairda.

“Rairda kali ini sangat semarak. Selain pesertanya banyak, juga ditandai sejumlah kegiatan positif,” kata Nopal, salah seorang peserta dari Kab. Bandung.

sumber: klik-galamedia