Ramai-ramai Datangi Gedung DPRD, Apdesi Tagih Janji Bupati Sumedang

by -21 views
Ramai-ramai Datangi Gedung DPRD, Apdesi Tagih Janji Bupati Sumedang
Ramai-ramai Datangi Gedung DPRD, Apdesi Tagih Janji Bupati Sumedang

Ramai-ramai Datangi Gedung DPRD, Apdesi Tagih Janji Bupati Sumedang – Puluhan kepala desa (kades) yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sumedang, beramai-ramai mendatangi Gedung DPRD Sumedang, Selasa 22 September 2020.

Kedatangan para kades ke DPRD ini, tiada lain untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang dialami mereka.

Dari sekian banyak keluhannya tersebut, para kades juga, sempat menyebut-nyebut soal janji Bupati terkait rencana bantuan kendaraan oprasional bagi para kades.

Karena menurut para kades, Bupati Sumedang sebelumnya sempat berjanji akan memberikan bantuan kendaraan oprasional kepada para kades.

Namun kenyataannya, sudah hampir dua tahun masa kepemimpinannya ternyata janji tersebut masih saja belum direalisasikan.

“Sampai sekarang desa belum pernah mendapatkan kendaraan operasional dari Pemda Kabupaten Sumedang. Padahal, Pa Bupati pernah berjanji kepada kami. Desa memang pernah menerima bantuan kendaraan operasional, tapi itu bantuan dari Provinsi Jabar, dan itupun sudah lama,” kata Sekretaris DPC Apdesi Kab. Sumedang, Pipin Rifin A, saat menyampaikan keluhannya kepada Anggota Komisi I DPRD Kab. Sumedang di Ruang Paripurna.

ntuk itu, kata Pipin, melalui audensi ini, para wakil rakyat diharapkan dapat menyampaikan berbagai keluhan para kades ini kepada Pemda Kab. Sumedang, dalam hal ini Bupati Sumedang.

Sekaligus membantu mencarikan solusi agar permasalahan yang dialami para kades ini, dapat terselesaikan.

Adapun beberapa keluhan yang disampaikan oleh para Kades ini, lanjut Pipin, pertama terkait dana asuransi bagi Purnabakti Kades yang sampai sekarang masih saja belum bisa dicairkan.

Kedua soal penghasilan tetap dan tunjangan aparatur desa yang belum naik, dan ketiga soal kenaikan BPJS ketenagakerjaan yang harus disesuaikan dengan UMR Kabupaten.

 

Baca Juga :  Peduli, Anggota Kompi 3 Yon A Por Brimob Jabar Imbau Masyarakat Konsisten Terapkan Prokes

 

“Maksud kedatangan kami ke sini, tiada lain ingin menyampaikan sejumlah permasalahan yang dialami oleh para kades. Sekaligus ingin meminta kejelasan mengenai waktu pelaksanaan Pilkades serentak,” ujarnya kepada Anggota DPRD dan pejabat DPMD Kab. Sumedang yang ikut menghadiri audensi tersebut.

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Sumedang Asep Kurnia, saat itu juga langsung meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa supaya dapat menindaklanjuti berbagai keluhan yang disampaikan para kades.

“Kalau untuk Pilkades Serentak itu sudah clear. Pelaksanaannya menunggu Pilkada serentak 2020 usai,” kata Asep.

Adapun mengenai permohonan peningkatan kesejahteraan bagi aparatur desa, Asep Kurnia juga, telah meminta DPMD supaya segera melakukan kajian, dan diharapkan selalu berkoordinasi dengan DPRD sejauh mana peluang-peluangnya.

“Buatkan segera kajiannya, mudah-mudahan masih memungkinkan untuk dinaikan. Dengan seperti itu, diharapkan kinerja aparatur desa juga bisa lebih meningkat,” ujarnya

 

 

 

 

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/