Rambut Tetap Sehat Berkilau Dengan Berjilbab.

by -16 views

Rambut Tetap Sehat Berkilau Dengan Berjilbab.

Jatinangorku.com – Sehatcantik ingin berbagi mengenai perawatan dan menjaga mahkota yang memberikan nilai plus bagi kita semua. Bagi mereka yang sering mengenakan tutup kepala, seperti topi, kerudung ataupun yang mengenakan jilbab tentunya tetap dan sangat perhatian juga terhadap mahkota mereka yang tak lain adalah rambut. Bagaimana ya agar kilau dan kesehatan rambut tetap oke walau sering ditutupi ?? Pastinya sangat membutuhkan perawatan yang istimewa, dan jika hanya dengan melakukannya secara rutin seperti mencuci rambut sehari-hari tentulah tidaklah cukup untuk mempertahankan kesehatan juga kilau rambut tersebut. Ada beberapa tips berikut yang bisa dicoba untuk anda.

1. Pilihlah kain ciput dan jilbab yang berkualitas dengan memprioritaskan kenyamanan
Bila memilih kain ciput dan jilbab pilihlah yang berkualitas, hal ini supaya kulit kepala dan rambut tetap dijaga kesehatannya.Pilihlah bahan yang nyaman seperti katun, jika terbuat dari nilon ataupun polyester biasanya cepat panas terutama ketika tertimpa sinar matahari hal ini akan membuat suhu di kulit kepala naik. Andai keadaan tersebut sering terjadi bahkan menjadi rutinitas bisa menyebabkan rambut jadi stres dan berakibat rambut rontok dan kusam. Begitu pula halnya dengan model ciput, utamakanlah pilihan yang benar-benar nyaman daripada model ataupun warnanya saja yang trendi, cari model ciput yang tidak memiliki karet yang kencang atau kuat ataupun terlalu ketat.

2. Pilihlah sisir sikat untuk menyisir dan sisirlah tidak terlalu lama
Selain itu, untuk sisir pilih sisir sikat sebab dapat membantu pemijatan yang lembut pada kulit kepala sehingga bisa memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Sedangkan menyisir rambut tidak perlu terlalu lama cukup lakukan sekitar 10 sisiran atau tarikan agar tidak memberikan rangsangan kelenjar minyak di kulit kepala yang akan memproduksi lebih banyak sebum dan nantinya dapat menyebabkan kelembaban berlebih sehingga rambut jadi terlihat lepek dan kulit kepala menjadi lembab yang bila berlanjut terus tanpa perawatan bisa berakibat ketombe dan muncul masalah rambut lainnya.

3. Lepaskan ikatan-ikatan rambut dan gerai rambut agar bisa bernafas
Selanjutnya, berikan waktu dan biarkanlah rambut bisa bernafas dengan melepas atau menggerai rambut saat tiba di rumah, buka atau lepaslah jilbab maupun kerudung yang dikenakan begitu pula dengan ikatan-ikatan pada rambut, maka rambut akan mendapatkan dan mempunyai sirkulasi terutama pada kulit kepala. Baru setelah itu sisirlah rambut dengan lembut mulai dari akar agar tidak kusut dan menjaga kesehatan akar rambut juga mencegah kerontokan rambut.

4. Periksa keadaan rambut saat ingin mengenakan penutup, topi, jilbab, kerudung
Pada saat ingin mengenakan jilbab, kerudung ataupun topi, pastikanlah kalau kondisi rambut selalu dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini untuk menghindari terjadi masalah rambut berketombe karena jika rambut tertutup dalam kondisi basah atau setengah kering menyebabkan kelembaban bisa jadi “sarang” yang nyaman bagi bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Sumber : http://sehatcantik.co.id