Ratusan Buruh LKJ Datangi Kantor Pemkab, Penggerak Demo Di-PHK

by -159 views

Ratusan Buruh LKJ Datangi Kantor Pemkab,  Penggerak Demo Di-PHK

Jatinangorku.com – Untuk ketiga kalinya dalam sepekan ini, buruh PT Lingga Kanaka Jaya (LKJ) yang berlokasi di Jln. Industri Cimareme, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) turun ke jalan untuk menggelar aksi menuntut hak normatif mereka yang selama ini diabaikan perusahan. Jika sebelumnya para buruh melakukan aksi di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) KBB dan keesokan harinya di area pabrik, pada Kamis (22/8), mereka mendatangi kantor Pemkab Bandung Barat di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah. 

Selain tuntutan hak normatif, dalam audiensi dengan pejabat Pemkab Bandung Barat, terungkap pula adanya tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh manajemen PT LKJ terhadap buruh yang dianggap sebagai pemicu aksi unjuk rasa.

Tujuan kedatangan ratusan buruh tersebut untuk mengadukan masalah mereka ke Bupati H. Abubakar. Namun sayang, para buruh tidak bisa bertemu dengan bupati karena yang bersangkutan telah meninggalkan kantor usai menghadiri pengukuhan serta pelantikan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka KBB.

Meski demikian, ratusan buruh yang sebelumnya melakukan orasi itu masih bisa bersikap tertib. Perwakilan mereka diterima Asisten Pemerintahan Pemkab Bandung Barat, Agus Gusmana yang didampingi Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik KBB Roni Rudiana, Kepala Bidang Ketenakerjaan Dinsosnakertrans KBB Azah Saraswati serta para pengawas keternagakerjaan dan aparat kepolisian dari Polsek Padalarang maupun Polres Cimahi. Sedangkan dari pihak PT LKJ, tak satu pun yang nongol.

Perwakilan buruh PT LKJ, Witarsa menegaskan, kendati tidak langsung diterima bupati, ia berharap masalah upah bagi buruh yang telah dilanggar perusahaan bisa diselesaikan.

Ada PHK

Dalam audiensi terungkap adanya aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap seorang buruh Sudiana, yang dianggap sebagai pemicu demo pada tanggal 2 Agustus lalu. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) KBB, Dadan Permana. 

Ia mengatakan, pihak perusahaan telah bersikap semena-mena dengan melakukan PHK pada Sudiana. “Kenapa cuma Sudiana, kan yang demo ratusan. Saya khawatir tindakan itu terulang kembali pada pekerja lainnya yang ikut berdemo selama ini. Karena itu, kami minta jaminan, supaya tidak ada lagi PHK lantaran terlibat aksi,” ancam Dadan.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans KBB, Azzah Saraswati meyakinkan, tuntutan buruh akan ditindaklanjuti dengan melayangkan surat nomor 560/580/PeruND/08/2013 ditujukan kepada PT LKJ Melalui surat tersebut, Pemkab Bandung Barat mengimbau agar PT LKJ mempekerjakan kembali Sudiana, pekerja yang terkena PHK.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com