Ratusan Miliar Dana Desa Rawan Disalahgunakan

by -32 views

Ratusan Miliar Dana Desa Rawan DisalahgunakanRATUSAN miliar rupiah dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat, rawan disalahgunakan. Situasi itu, tidak luput dari minimnya sumber daya manusia (SDM) di tingkat Pemerintahan Desa dalam melakukan pengelolaan bantuan keuangan tersebut. 

“Jika tidak ada yang mengawasi dan dikawal, potensi terjadinya penyalahggunaan dalam pengelaan dana desa cukup besar. Faktanya tidak sedikit dari penyelenggara pemerintahan desa, yang terpaksa harus berurusan dengan penagak hukum, hingga harus berujung di penjara,” kata Kasi Intel Kejati Jabar, Hutama Wisnu, usai menghadiri acara Sosialisasi Dana Desa dan Tim Pengaman Pengawal Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), bertempat di Gedung Negara Kab.Sumedang, Kamis (24/8/2017).

Kegiatan yang melibatkan Kejaksaan Negeri Sumedang itu, dihadiri Sekda Sumedang, H.Zaenal Alimin, serta diikuti oleh 270 Kepala Desa dan 26 Camat, serta SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait di Lingkup Pemerintah Kab.Sumedang.

Menurut Hutama, hingga kini masih banyak Kepala Desa dan Perangkatnya di Jawa Barat, yang masih ragu dalam menggunakan dana desa.

Untuk itu, kehadiran TP4D  yang dibentuk di masing-masing Kejaksaan Negeri, bisa jadi solusi, guna menjawab  keraguan dalam pengelolaan keuangan tersebut. 

“Kegiatan sosialisasi ini juga, sekaligus bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam pengelolaan  dana desa. Sehingga mereka tidak perlu ragu atau takut, untuk menggunakan keuangan tersebut, selama melalui prosedur administrasi yang benar. Dan, jika masih ada keraguan, jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi dengan petugas TP4D, yang ada di daerahnya masing-masing,” tandasnya.

Namun demikian, kata dia, Kejati Jabar selalu mendukung berbagai program pemerintah yang digulirkan pemerintah pusat ke daerah. Termasuk diantaranya dengan digelontorkannya bantuan keuangan, yang nilainya mencapai lebih dari Rp 1 miliar yang diterima oleh tiap-tiap desa. “Sesuai semangatnya, bantuan keuangan yang digelontorkan pemerintah pusat ke tiap-tiap desa itu, bertujuan untuk mempercepat berbagai program pembangunan, yang berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com