Ratusan Warga Jatinangor Ikuti PAP Smear

by -67 views

Ratusan warga Jatinangor khususnya kaum perempuan berantusias mengikuti pemeriksaan Pap smear secara gratis dalam rangkaian hari jadi Kecamatan Jatinangor ke-17.

Ketua Panitia hari jadi Jatinangor Deden Doni Herlansyah mengatakan,  pemeriksaan pap smear ini dilakukan sebagai bagian dari usaha menekan angka penderita kanker serviks di Sumedang khususnya di Jatinangor.

“Dengan diperiksa maka akan bisa terdeteksi, apakah ada benih-benih kanker serviks. Sementara tujuan umum adalah meningkatkan kesehatan bagi kaum perempuan,” katanya kepada eljabar.com, Kamis (27/4/2017).

Ia menuturkan, lebih baik setiap wanita dianjurkan untuk mendeteksinya dengan pap smear sebanyak enam bulan sekali. Hal tersebut akan membantu wanita untuk mencegah terjadinya kanker serviks dan pengobatan secara dini.

“Gejala kanker serviks ini kan sulit diketahui, mereka tidak mengeluh sakit atau apapun. Nanti ketemunya dengan screening dari pap smear yang dilakukan secara rutin. setelah itu, akan dilihat dalam satu jam diletakkan dengan mikroskop dan si dokter dapat menilai apakah terdapat sel yang membesar atau sel-nya normal,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, pemeriksaan tersebut tidak boleh berhenti atau putus di tengah jalan meskipun sudah mendapatkan hasil negatif dari kanker.

“Pap Smear biasanya dianjurkan untuk wanita yang telah melakukan hubungan seksual dan telah menikah. meski demikian, upaya untuk mencegah kanker serviks harus dilakukan sejak wanita mengalami menstruasi,” ujarnya.

Sementara itu, Rini (30) peserta pemeriksaan pap smear asal Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor mengaku senang pasalnya, kegiatan seperti ini jarang di lakukan, apalagi secara gratis.

“Pemeriksaan pap smear ini, saya harapkan sering di lakukan. terimakasih bagi panitia yang telah mengadakan acara ini secara gratis,” katanya.