Realisasi Pembangunan Harus Dievaluasi

by -28 views

Realisasi Pembangunan Harus Dievaluasi

Jatinangorku.com – Setiap kecamatan yang ada di Kab. Sumedang dan Kab. Bandung dalam beberapa hari terakhir melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2015. Pembahasan berdasarkan usulan dari masing-masing desa di setiap kecamatan. 

Mulai dari pembangunan fisik hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat luas, seperti di Kec. Jatinangor, Selasa (18/2). 

Anggota Komisi A DPRD Kab Sumedang, Ridwan Solihin mengatakan, realisasi pembangunan yang sebelumnya diusulkan masyarakat di tingkat desa hingga musrenbang di tingkat kecamatan harus dievaluasi. Ridwan menyampaikan hal itu kepada wartawan usai menghadiri musrembang Kec. Jatinangor untuk anggaran 2015 di Gedung Gerkopin Jatinangor, kemarin.

Menurutnya, perlu dilakukan evaluasi dan pemantauan oleh masyarakat maupun pemerintah agar tidak ada usulan yang tidak terserap. “Realisasinya jangan sampai tumpang tindih dengan program lainnya,” katanya.

Ridwan juga berharap, rencana pembangunan yang diusulkan dalam musrenbang ini sinergis dengan semua komponen masyarakat. Termasuk dengan lembaga DPRD Kab Sumedang, yang memiliki kewenangan dalam melakukan pengawasan pembangunan di lapangan.

“Jika usulan masyarakat dalam musrenbang seirama dengan dewan, dipastikan realisasinya berjalan dengan baik,” katanya.

Didampingi anggota Komisi B, Otong Dartum dan anggota Komisi D, Engkos, Ridwan mengatakan, DPRD harus berperan dalam merumuskan perencanaan pembangunan di suatu wilayah.

Menurutnya, Kecamatan Jatinangor harus segera memiliki bank usulan yang diimplementasikan melalui rumah aspirasi. Aspirasi masyarakat melalui bank usulan tadi, selanjutnya ditampung oleh semua anggota dewan untuk menjadi bahan dasar merealisasikan dana aspirasi dewan. Dewan akan sepakat dengan adanya bank usulan tersebut.

Ridwan mengaku heran dengan pembangunan yang diduga tidak berangkat dari hasil musrenbang. Menurutnya, hal ini perlu diubah. Dengan harapan aspirasi yang tidak terserap dalam musrenbang pada tahun sebelumnya menjadi prioritas di tahun berikutnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/