Rektor Unpad Berbuka Puasa dan Tarawih Bersama Yatim Piatu dan Warga Jatinangor

by -32 views

Jatinangorku.com – Sebagai bagian dari meningkatkan tali silaturahmi, Universitas Padjadjaran kembali menggelar buka puasa dan tarawih bersama. Kamis (25/06) kemarin, buka puasa dan tarawih bersama dilakukan civitas akademika Unpad bersama anak-anak yatim piatu serta warga sekitar Jatinangor di Masjid Raya Padjadjaran Bale Aweuhan Unpad Jatinangor.

“Ini Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Buka puasa ini bagian dari silaturahmi. Kebetulan masjid kita baru, maka sekarang penyelanggaraannya tidak hanya civitas akademika tetapi juga melibatkan warga sekitar dan anak yatim,” tutur Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.

Sebelum buka puasa bersama, acara diawali dengan pemberian secara simbolik bingkisan kepada para anak yatim piatu. Sekitar 100 anak hadir pada kesempatan tersebut, yang berasal dari Panti Asuhan Latiful Muhtadin (Yayasan Lemorai Timor Timor Indonesia) dan Rumah Yatim Abdi Negara yang berlokasi di sekitar kampus Unpad Jatinangor.

Acara tersebut turut dihadiri oleh para pimpinan universitas dan fakultas, Dharma Wanita, dan mahasiswa Unpad. Setelah buka puasa bersama, acara kemudian dilanjutkan dengan tarawih bersama dengan imam dan penceramah Prof. Syarief Hidayat, dosen Sastra Arab Unpad.

“Jadi kekuatannya kembali, membuka, mendorong, atau menguatkan keberkahan Bulan Ramadhan, memperkuat ukhuwah silaturahmi, dan memperkuat posisi Unpad ini kedekatannya dengan warga sekitar,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan, kegiatan buka puasa dan tarawih bersama sudah menjadi tradisi yang dilakukan Unpad setiap tahunnya. Namun kali ini menjadi berbeda karena secara khusus Unpad turut mengundang anak yatim dari panti asuhan sekitar Jatinangor dan dilakukan di masjid raya Unpad.

Selain untuk membangun komunikasi lebih baik antara kampus Unpad dengan warga sekitar, diharapkan dengan kegiatan ini juga menunjukkan bahwa Unpad merupakan kampus yang terbuka terutama untuk masyarakat sekitar.

“Pada prinsipnya bagaimana kita berusaha memanfaatkan atau mengambil hikmah dari fasilitas kampus terutama dalam kehidupan kerohanian ini dengan lebih baik. Kan kita yakini, kalau kita berpikir akhirat, dunia itu bisa tercapai, tapi kalau kita berpikir dunia, akhirat belum tentu tercapai,” tutur Rektor.
Rektor pun berharap agar Unpad selalu punya target pencapaian yang melebihi ekspetasi konservatif. “Karena kita ingin selalu memberikan yang terbaik. Dan kalau berpikir sampai sana pasti kemaslahatannya bukan hanya untuk diri kita, juga untuk masyarakat,” harapnya.*

Sumber : http://www.unpad.ac.id/