Rektor Unpad, “Mahasiswa Unpad, Buktikan Kalian Memang Mahasiswa Terpilih”

by -109 views

Jatinangorku.com – Hari Selasa (20/08) mahasiswa baru Unpad Tahun Akademik 2013/2014 mengikuti kegiatan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unpad. Sejak pagi, mahasiswa tersebut sudah berkumpul di Stadion Jati Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor dengan terlebih dahulumenyerahkan sumbangan berupa buku dan beras 3 kilogram untuk disumbangkan ke berbagai desa dan perpustakaan.

Rektor Unpad menyematkan pin dan memakaikan jas almamater ke perwakilan mahasiswa baru sebagai simbolisasi penerimaan mahasiswa baru Unpad 2013 (Foto: Tedi Yusup)*

Menurut Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Engkus Kuswarno, M.S., pada tahun ini Unpad menerima 8.000-an mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri dari 240 orang program Doktor, 811 orang program Magister, 231 orang Program Spesialis I, 208 orang program Profesi, 5.815 orang program Sarjana, 17 orang program Diploma IV, 878 orang program Diploma III, serta 148 orang mahasiswa asing.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa baru juga mengikuti Sidang Terbuka Senat Unpad yang dipimpin langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia. Dalam pidatonya, Rektor menekankan mahasiswa baru Unpad wajib belajar dengan sungguh-sungguh agar mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

“Untuk bisa menjadi mahasiswa di Unpad butuh persaingan yang ketat. Sungguh layak memang ketika saudara/i bersyukur atas prestasinya menjadi mahasiswa Unpad, yaitu dengan belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Buktikanlah bahwa kalian memang mahasiswa yang terpilih dengan prestasi akademik yang tinggi,” papar Rektor.

Lulus tepat waktu, diakui Rektor, merupakan wujud konkrit dari pertanggungjawaban diri sebagai mahasiswa. Di Unpad sendiri ada program “Fast Track,” sebuah program yang memungkinkan suatu mahasiswa bisa mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi sebelum lulus dari jenjang sebelumnya. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi dalam rangka percepatan antar jenjang pendidikan.

“Melalui program Fast Track ini, mahasiswa yang belum lulus S1 namun telah memenuhi jumlah SKS tertentu dan mempunyai prestasi akademi bagus dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya,” terang Rektor.

Untuk menunjang keberhasilan pendidikan tersebut, Unpad sendiri terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas pembelajaran, beasiswa, sarana prasarana pendidikan, pelayanan berbasis teknologi, dan kemudahan pelayanan administratif lainnya.

Salah satu program pemerintah yang terus digalakkan di Unpad adalah Bidikmisi. Dalam empat tahun terakhir, jumlah kuota Bidikmisi di Unpad terus meningkat, yaitu dari 500, 700, 900, dan 1.200 untuk tahun 2013.

“Dengan demikian, secara keseluruhan ada sekitar 3.300 mahasiswa Bidikmisi di Unpad, atau sekitar 11% dari jumlah mahasiswa S1,” ujar Rektor.

Hal lain yang ditekankan Rektor adalah mahasiswa baru Unpad wajib menjaga kesantunan. Sopan santun dan menjaga adat istiadat menurutnya juga termasuk ke dalam Pola Ilmiah Pokok Unpad, “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan untuk Pembangunan”.

“Kesantunan, harus menjadi penciri dari mahasiswa Unpad,” tegas Rektor.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

sumber: unpad.ac.id