Review Sony Handycam HDR-PJ790VE

by -45 views

Review Sony Handycam HDR-PJ790VE

Jatinangorku.com – Sony merupakan salah satu produsen camcorder dengan jajaran produk paling lengkap dibandingkan kompetitornya. Bahkan Sony juga merupakan satu-satunya produsen yang secara konsisten mengeluarkan camcorder dengan fitur proyektor. Kini kami berkesempatan menguji seri HandyCam dengan proyektor yang paling premium.

Konsep dan Desain
Sony Handycam HDR-PJ790VE memiliki tampilan bodi yang kokoh dengan desain bodi yang relatif besar dan berat. Ini wajar mengingat, Handycam ini telah dilengkapi dengan ruang penyimpanan internal berkapasitas yang sangat lapang 96GB.

sony handycam HDR PJ790VE 1 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

Desain bodi samping kanannya hadir dengan permukaan bertekstur sehingga tidak akan terasa licin saat digenggam. Di bagian kanan bodi ini juga tersedia port untuk mic, jack audio dan port multi yang tersembunyi dibalik sebuah penutup.

Untuk bagian atasnya tersedia tuas kendali zoom, tombol shutter untuk mengambil foto, multi interface shoe dan sebuah mic 5.1 channel surround. Di bagian belakangnya terdapat tombol start/stop untuk merekam video, tombol mode untuk merubah modus video ke foto, viewfinder elektronik, dan baterai. Penempatan semua tombol ini amat baik dan mudah dijangkau saat mengoperasikannya.

Ketika layar dibuka, Anda akan menemukan layar sentuh fleksibel berukuran 3.0-inci berteknologi Xtra Fine LCD 921,000 titik. Layarnya sendiri nyaman digunakan, baik di dalam atau luar ruangan, dengan respons yang baik pula.

Di bagian kiri, terdapat tombol-tombol navigasi seperti Nightshot, Light, Projector & Playback, yang ukurannya relatif kecil namun masih nyaman dioperasikan.

Fitur dan Performa
Sony Handycam HDR-PJ790VE masih tetap hadir dengan antarmuka menu khas Sony yang sederhana dan mudah dikuasai. Seluruh menu dan pengaturan ini harus diakses lewat layar sentuhnya.

Ada beberapa modus pengambilan gambar yang dimilikinya: mode video, foto, smooth slow recording untuk merekam video dalam gerakan lambat dan golf shot. Tersedia juga menu playback function untuk mengatur bagaimana melihat hasil rekaman video dan foto. Sony juga melengkapinya dengan mode nightshot yang dikhususkan untuk merekam video pada malam hari.

sony handycam HDR PJ790VE 2 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

Fitur proyektor yang menjadi keunggulannya sekarang dilengkapi koneksi tambahan yaituprojector in. Dengan koneksi ini, Anda dapat memanfaatkan proyektor di PJ790VE sebagai layar kedua. Misalnya, Anda dapat menghubungkan laptop (atau perangkat lain) ke port HDMI untuk menjadikan proyektor sebagai layar kedua.

Untuk aktivitas merekam video dan menghasilkan foto, Sony Handycam HDR-PJ790VE dipersenjatai oleh lensa wide angle 26mm Carl Zeiss Vario-Sonnar T*,sensor CMOS Exmor R dan chip prosesor BIONZ. Dengan spesifikasinya tersebut, Handycam ini mampu menghasilkan video pada resolusi Full HD dan foto pada resolusi maksimum 24.1 megapixel dengan aspek rasio 16:9.

Anda juga masih tetap dapat menemukan fitur memotret sambil merekam video, dan tersedia beragam opsi scene mode yang berguna untuk membantu menghasilkan foto dan video yang lebih baik secara otomatis menyesuaikan kondisi di tempat pengambilan gambar.

Untuk mengujinya, kami membawa Handycam ini untuk merekam konser mini. Hasilnya sangat memuaskan. Dengan mode Auto yang tanpa memerlukan pengaturan, Sony Handycam HDR-PJ790VE langsung dapat menghasilkan video full HD berformat AVCHD yang sangat tajam, jauh lebih baik dibandingkan kamera video sekelasnya.

Kondisi pencahayaan yang minim dengan tata cahaya panggung yang berwarna-warni juga dapat terekam baik dengan hasil warna yang akurat. Untuk mendapatkan hasil rekaman video dengan karakter film bioskop, Sony telah menyediakan opsi warna Cinema Tone yang menurut kami dapat meningkatkan kualitas rekaman video dengan hasil warna yang lebih akurat.

Berkat hadirnya mikrofon 5.1 channel surround yang berada di bagian atas handycam ini dan dukungan teknologi Dolby Digital yang diusungnya, Anda juga tidak perlu heran jika kualitas hasil rekam suaranya sangat baik. Tidak hanya itu saja, dengan memiliki fitur peredam getar berteknologi Balanced Optical SteadyShot image stabilization with Active mode aktivitas, perekaman video juga masih dapat terhindar dari blur ketika sedang berjalan, merekam tanpa bantuan tripod, atau merekam pada posisi zoom optical 10x atau 17x extended zoom.

sony handycam HDR PJ790VE 3 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

Biasanya sebuah kamera video jika mampu menghasilkan video dengan kualitas rekam yang baik, kualitas fotonya tidak sebaik hasil rekam videonya. Lalu bagaimana dengan hasil foto dari Sony Handycam HDR-PJ790VE? Di kondisi luar ruangan atau di kondisi dalam ruangan, Sony Handycam HDR-PJ790VE dapat menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang akurat dengan hasil foto yang bisa menyamai sebuah kamera saku. Di kondisi minim cahaya berkat penggunaan sensor EXMOR R, foto pun dapat dihasilkan dengan noise yang minim. Sony juga menyertakan lampu flash yang dapat digunakan untuk membantu Anda memotret yang bisa menyala secara continuos untuk membantu merekam video. Untuk hasil fotonya dapat dilihat berikut ini..

9770648644 0b78a50247 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

9770582064 c17e405a73 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

9770639946 3b4bb2f68f Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

9770600216 a030c8c567 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

9770410262 c0a7f6b606 Review Sony Handycam HDR PJ790VE review foto video camcorder foto video Review Sony Handycam HDR PJ790VE

Kemampuan proyeksi gambarnya juga amat baik dan mampu menghasilkan proyeksi gambar maksimum berukuran 100-inci pada jarak sekitar 5 meter. Sayangnya, saat memproyeksikan hasil foto atau video lewat proyektor, Anda hanya dapat bernavigasi lewat tuas zoom di bagian atas bodinya. Rupanya layar sentuhnya tidak dapat digunakan pada saat fungsi proyektor aktif. Ini tentunya akan merepotkan jika hasil foto atau video yang tersimpan jumlahnya cukup banyak, mengingat Anda hanya dapat melakukan pencarian dengan menggeser tuas zoom yang geraknya sebatas ke kiri atau kanan.

Satu lagi kekurangan Sony Handycam HDR-PJ790VE terletak pada kapasitas baterainya. Menurut hasil ujicoba kami, baterainya hanya mampu bertahan untuk merekam video hingga 2 jam. Ini berarti jika ingin membawanya berlibur, Anda harus membeli baterai cadangan.

Kesimpulan
Dengan hasil video dan foto yang sangat baik, serta antarmuka menu yang mudah digunakan dan proyektor yang cukup lumayan, Sony Handycam HDR-PJ790VE merupakan salah satu camcorder terbaik saat ini. Jika Anda tidak keberatan dengan harga jualnya yang mecapai Rp19.000.000, Sony Handycam HDR-PJ790VE merupakan kamera video yang wajib untuk dimiliki bagi para videografer profesional sebagai kamera video cadangan atau videografer amatir yang gemar membuat film dokumenter atau film pendek.

  Sony Handycam HDR-PJ790VE
Layar 3.0″ Xtra Fine LCD™ display (921K dots/Wide 16:9)
Sensor Exmor R CMOS Sensor
Prosesor BIONZ® image processor
Lensa Carl Zeiss® Vario-Sonnar T* 26mm, Optical Zoom: 10x, Extended Zoom: 17x, Digital Zoom: 120x
Video 1920x1080p, AVCHD format ver.2.0 compatible:MPEG4-AVC/H.264, MPEG2-PS:MPEG-2 (Video) MP4: MPEG-4 AVC/H.264
Foto 24.1 megapixels 16:9(3984×2240)
Audio Dolby® Digital 5.1ch, Dolby® Digital 5.1Creator *9 , Dolby® Digital 2ch Stereo, Dolby® Digital Stereo Creator *9 , MPEG-4 AAC-LC 2ch *10
Image Stabilization Balanced Optical SteadyShot™ image stabilization w/ Active mode (Wide to Tele)
GPS Ya
Memori internal 96GB
Kartu Memori Memory Stick PRO Duo™ (Mark 2),Memory Stick PRO-HG Duo™, Memory Stick XC-HG Duo™, SD/SDHC/SDXC Memory Card(Class 4 or Higher)
Koneksi micro HDMI,USB, multi interface, audio jack
Dimensi 74.2 x 84.6 x 137.5mm
Bobot 570 gram

Sumber : http://id.berita.yahoo.com