Riana Faosa, Mojang Sumedang yang Akan Bertarung di Jabar

by -33 views

Riana Faosa dan Adi Kusmiadi menjadi mojang dan jajaka (Moka) Sumedang untuk bertarung di tingkat Provinsi Jabar. Pasangan moka ini menjadi wakil Sumedang setelah keluar sebagai juara saat pasanggiri mojang dan jajaka tingkat Sumedang.

Mojang dan jajaka ini dilepas Bupati Eka Setiawan untuk bertarung di tingkat Jabar. “Saya bangga, buktikan dalam ajang tersebut Sumedang mempunyai banyak potensi yang bisa diangkat dan dijual,” kata Eka saat acara pelepasan di Kampung Toga.

Bupati meminta bidang kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus memantau kebutuhan wakil Sumedang selama lomba berlangsung. “Jangan ada kesan main-main dalam lomba ini. Dibutuhkan trik dan taktik tersendiri. Saya akan mengumpulkan para Kepala SKPD untuk membantu dan mendorong sehingga perwakilan kita berjaya di tingkat Provinsi,” kata Eka.

Pasangan Moka ini terpilih berdasarkan keahlian, kecakapan serta prestasinya tersebut. Mereka akan mengikuti proses karantina bersama pasangan Moka dari Kabupaten/Kota lainnya mulai 20 November 2016di Hotel Marlbela Dago, Bandung.

Pengurus Paguyuban Moka Sumedang, Gangan, meminta kepada Bupati Eka untuk melegalkan Paguyuban Moka. “Kami ingin paguyuban ini diakui oleh Pemkab Sumedang dan diikutsertakan pada kegiatan-kegiatan di lingkungan pemerintahan untuk mempromosikan Sumedang,” katanya.

Bupati Eka merespon dan akan berusaha untuk bisa melibatkan para Moka demi kemajuan Sumedang. “Kami akan memberdayakan para Moka dalam even-even pemerintahan atau budaya di Sumedang,” katanya