Ribuan Warga Sumedang Tak Miliki Identitas

by -110 views

Warga Sumedang masih banyak yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Berdasarkan Data Kependudukan Bersih (DKB) Semester I Tahun 2016 dari Kemendagri, dari 815.667 jiwa penduduk Kabupaten Sumedang yang wajib memiliki KTP, baru 771.992 jiwa yang sudah mempunyai KTP Elektronik.

“Sebanyak 43.745 jiwa belum memiliki KTP elektronik dan 31.591 jiwa belum terekam,” kata ujar Agus Seksarsyah Rasjidi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) saat sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil bersama para camat dan ketua asosiasi pemerintahan desa (Apdesi) kecamatan di aula Cakrabuana Pemkab Sumedang, Rabu (9/11/2016).

Agus menyebutkan, Disdukcasip sudah menyampaikan undangan kepada warga yang belum melakukan perekaman data untuk segera melakukan perekaman. “Surat tersebut sudah didistribusikan ke masing-masing RW dan RT. Semoga secepatnya semua beres direkam,” katanya.

Namun untuk pencetakan e-KTP saat ini masih mengalami kendala di Sumedang menyusul belum dikirimnya blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Blangko KTP elektoronik kosong dan menunggu kiriman dari Kemendagri. Untuk sementara bagi yang membutuhkan KTP elektronik iu dibuatkan surat keterangan pengganti sementara KTP elektronik,” kata Agus.

Disebutkan Agus, Disdukcasip melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman paradigma baru kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. “Tujuan akhirnya adalah meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan oleh pejabat publik, dalam hal ini camat dan kepala desa,” katanya