Ridwan Kamil, Pemimpin Muda Kreatif dan Inovatif

by -238 views

SEDERET penghargaan diterima Ridwan Kamil sebagai arsitek. Karya-karyanya mendapat apresiasi tak hanya di dalam negeri tetapi juga dunia internasional. Berkat kepiawanannya itu, ia dipercaya masyarakat untuk memimpin Kota Bandung.

Sejak kecil, putra dari pasangan Dr. Atje Misbach, SH dan Dra. Tjutju Sukaesih itu sudah terbiasa bekerja keras dan kreatif. Tanpa gengsi, ia berjualan es mambo buatannya sendiri dan bisa meraup untung besar.

Ridwan Kamil menghabiskan masa sekolahnya di Kota Bandung dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Tiga tahun setelah menyelesaikan studinya di Institut Teknologi Bandung, Ridwan mendapat beasiswa ke Amerika. Di Universitas California-Berkeley, Amerika Serikat, ia menempuh Master of Urban Design, College of Environmental Design.

Kembali ke tanah air, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mendirikan firma arsitek bernama Urbane bersama teman-temannya. Dari sanalah kiprah Emil sebagai arsitek semakin menonjol. Ia sukses meraih berbagai penghargaan bergengsi baik lokal maupun internasional.

Dari tahun 2006 hingga 2013, Ridwan Kamil tercatat sudah mengantongi 42 penghargaan pribadi. Salah satunya diberikan oleh Pikiran Rakyat Award untuk kategori tokoh muda kreatif.

Solusi untuk Kota Bandung 

Keahlian Ridwan Kamil sebagai perencana tata kota pernah membuatnya mengisi acara bertajuk Solusi Kamil di stasiun TV lokal Bandung. Acara tersebut menampilkan solusi-solusi yang ditawarkan Ridwan untuk setiap permasalahan yang dihadapi Kota Bandung di bidang tata kota.

Konsep ridwan tersebut ternyata mampu menarik perhatian warga Bandung. Ia kemudian terpilih menjadi Wali Kota Bandung didampingi wakilnya, Oded M Danial, setelah memenangi Pilwalkot Bandung 2013.

Di tangan Ridwan, nama Bandung semakin menggaung. Satu persatu solusi yang pernah ia tawarkan kemudian diaplikasikan. Salah satunya adalah penataan taman kota, serta konsep kota pintar yang kini banyak ditiru di daerah lain.

Terobosan teknologi berbasis aplikasi layanan publik yang dimiliki Bandung, mengantarkan Kota berjuluk kota kembang itu meraih penghargaan Smart City sebanyak dua kali. 

Selama Ridwan Kamil menjabat, Kota Bandung telah meraih sejumlah penghargaan di berbagai bidang

 

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com