Ridwan Kamil Siap Renovasi Alun-alun Sumedang di 2019

by

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berjanji akan merenovasi dan menata Alun-alun Sumedang, yang pelaksanaannya dimungkinkan di Tahun 2019. Hal itu dia katakana, saat bersilaturrahmi dan salat  Subuh berjamaah bersama bupati, para pejabat serta masyarakat Sumedang di Masjid Agung Sumedang, Minggu (9/12).

Alun-alun menurut Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil–, merupakan ruang publik yang keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat. “Makanya harus dibuat senyaman  mungkin. Sehingga masyarakat benar-benar dapat menikmatinya,” kata Emil.

Tak hanya itu, Emil juga akan menghibahkan bus pariwisata kota, sebagai moda transfortasi masyarakat, untuk menjelajahi kota dan sejumlah sarana wisata. “Nanti juga akan kita bangun gedung kreatif center, untuk mewadahi para perajin dalam mempromosikan hasil karyanya,” tutur Emil.

Sementara itu terkait keberadaan Waduk Jatigede, kedepannya Emil akan mengoptimalkan danau buatan itu, menjadi kawasan  pariwisata unggulan di Jawa Barat. Sehingga, akan menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Sumedang. “Bahkan dalam lima tahun kedepan, Waduk Jatigede akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus,” ucapnya.

Untuk meghadapi kemajuan di  Sumedang, lanjut Emil, tentunya harus dipersiapkan sejak sekarang. “Yang terpenting, mulailah dulu dari diri kita sendiri, salah satunya melalui gerakan Subuh berjamaah,” kata dia.

Gerakan Subuh berjamaah, lanjut Emil, merupakan salah satu dari 10 program Keumatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat. Bahkan sejalan dengan visi dan misi Jawa Barat, Jabar Juara Lahir Batin. “Juara artinya warga Jawa Barat termasuk warga Sumedang harus menjadi warga kompetitif,” tuturnya.

Sedangkan lahir bathin, lanjut gubernur, artinya tidak hanya membangun infrastruktur saja tapi juga mental dan spiritualitas. Bahkan Emil menitipkan pesan kepada masyarakat Sumedang, untuk senantiasa menjaga ukhuwah islamiah dan menjadikan masyarakat Sumedang yang tabayyun. 

Sementara itu Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, mengaku bangga dengan kunjungan orang nomor satu di Jawa Barat itu. “Ini sangat luar biasa, Gubernur Jawa Barat bisa bersilaturrahmi dan salat Subuh berjamaah bersama warga Sumedang,” kata Dony.

Dony berharap, silaturrahmi itu merupakan langkah awal kemajuan pembangunan di Sumedang. “Sebagaimana janji gubernur yang akan menata Alun-alun Sumedang menjadi sarana  yang representatif bagi masyarakat,” katanya.

 

 

 

Sumber : https://www.sumedangekspres.com