Robot dari 29 Kampus Akan Serbu ITB Jatinangor

by -50 views



JATINANGOR – Puluhan robot dari 29 perguruan tinggi di Indonesia akan “menyerbu” Institut Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor, Jalan Winaya Mukti No 1 Jatinangor, Sumedang. Robot-robot ini merupakan peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 yang akan dihelat pada 25-26 Mei 2012.

Ketua Pelaksana KRI KRCI Tingkat Regional Wilayah II 2012, Kusprasapta Mutijarsa menjelaskan, para robot tersebut akan bertarung dalam kompetisi tahunan yang digelar Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kegiatan kontes robot KRI KRCI bertujuan untuk mendorong penguasaan teknologi maju bagi mahasiswa, umumnya untuk masyarakat,” kata Kusprasapta, dalam jumpa pers KRI-KRCI di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Bandung, Rabu (16/5/2012).

KRI-KRCI Wilayah II 2012 dibagi empat kategori, yakni kategori KRI, kategori KRCI beroda, KRCI Berkaki,  dan kategori KRCI Humanoid. Kusprasapta menjelaskan, ke-29 kampus tersebut berasal dari wilayah Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan Kalimantan Barat. Total peserta ada 67 tim yang terdiri dari 14 tim KRI, 26 tim KRCI pemadam Api Beroda, 19 tim pemadam api berkaki dan delapan tim KRCI RSHL. Kontes ini akan dimulai 26 Mei mendatang mulai pukul 07.00 WIB hingga penentuan pemenang pukul 23.00 WIB.

Kusprasapta menuturkan, KRI digelar sejak 1994. Tahun ini merupakan penyelenggaraannya yang ke-14. KRCI kategori robot cerdas pemadam api pertama kali diselenggarakan pada 2004, dan tahun ini merupakan kali sembilan penyelenggaraannya. Sementara, tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan KRCI Robosoccer Humanoid League.

Banyaknya perguruan tinggi yang berpartisipasi pada kontes robot ini membuat kompetisi dilakukan dua tahap, yakni tingkat regional dan nasional. Tingkat regional dilaksanakan di lima wilayah.

Tahun ini, tingkat regional wilayah I dilakukan di STMIK Potensi Utama Medan, Wilayah II di ITB, Wilayah III di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Wilayah IV di Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan Wilayah V di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Kontes tingkat nasional sendiri akan dilaksanakan 30 Juni sampai 1 Juli 2012.(rfa)

Sumber : mafioso