RSUD Sumedang Akan Buat Home Care

by -66 views

RSUD Sumedang Akan Buat Home Care

Jatinangorku.com – RSUD Sumedang akan membuka jenis pelayanan baru. Pelayanan tersebut adalah home care yaitu pelayanan medis yang tidak dilakukan di rumah sakit melainkan dilakukan di rumah.

Meski begitu, layanan ini belum akan diluncurkan sebelum bupati menyetujui tarif jenis pelayanan ini yang akan dituangkan dalam peraturan bupati.

“Rencananya kami memang akan membuat jenis pelayanan baru, yaitu home care, yaitu pelayanan medis yang dilakukan di rumah tapi memiliki standar pelayanan medis rumah sakit,” kata Direktur RSUD Sumedang dr. Hilman Taufik, Senin (18/8/2014).

Pelayanan ini dibuat untuk menyiasati penuhnya jumlah pasien di rumah sakit sementara tempat tidur terbatas.

Selain itu, rumah sakit ingin menginformasikan pula bahwa tak setiap penyakit selalu membutuhkan perawatan medis intensif disertai dengan berbagai peralatan dan obat-obatan.

Menurut Hilman, penyakit seringkali bisa sembuh dengan perawatan intensif oleh keluarga di rumah disertai dengan latihan-latihan tertentu.

“Misalnya, penyakit stroke itu tidak harus selalu dirawat di rumah sakit, tapi yang penting ada latihan intensif yang selalu dipantau di rumah dan dilakukan bersama keluarga dekat,” kata Hilman.

Hilman menjelaskan, RSUD Sumedang setiap hari rata-rata mendapat kunjungan 300 pasien di instalasi rawat jalan, 60 pasien di gawat darurat, dan 50 pasien di instalasi rawat inap

Sumber : http://www.inilahkoran.com/