RSUD Sumedang Kontinyu Pelihara Aliran Sungai

by -70 views

Jatinangorku.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang akan kontinyu memelihara aliran Sungai Cipada dan Cisayang yang melewati area rumah sakit. Pemeliharaan aliran sungai itu, guna mengatasi dan mengantisipasi banjir di musim hujan yang acapkali menggenangi pemukiman warga di Jalan Cipada, Kelurahan Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan dan bagian belakang rumah sakit.

“Pemeliharaan aliran sungai itu, dilakukan bersama warga sekitar dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Regol Wetan. Seperti halnya yang sudah dilakukan tanggal 15-17 Oktober lalu. Kami dengan warga dan LPM Kelurahan Regol Wetan bersama-sama memelihara aliran sungai. Pemeriharaan aliran sungai ini akan dilakukan kontinyu setahun dua kali. Anggarannya sudah dialokasikan Rp 7,4 juta,” kata Humas RSUD Sumedang Iman Budiman di RSUD Sumedang, Senin (19/10/2015).

Ia mengatakan, pemeliharaan aliran sungai itu, guna mengatasi dan mengantisipasi banjir di musim hujan yang acapkali mengenangi pemukiman warga di Jalan Cipada dan bagian belakang rumah sakit di sekitar kamar jenazah. Banjir tersebut disebabkan luapan air dari pertemuan Sungai Cipada dan Cisayang yang lokasinya berada di area rumah sakit, dekat kamar jenazah. Banjir itu pun dampak dari tingginya pendangkalan di kedua aliran sungai tersebut.

“Untuk mengatasi pendangkalan, kita bersama-sama warga melakukan pengerukan supaya aliran sungainya berjalan lancar. Pengerukan ini bagian dari pemeliharaan aliran sungai,” ujar Iman

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/