Rumah Panggung di Tanjungsari Ludes Terbakar

by

RUMAH pangung milik Andi (63), warga Desa/Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, ludes jadi arang setelah diamuk si jago merah, Minggu (27/5/2018), sekitar pukul 15.00 WIB.

Kebakaran tersebut membuat panik warga yang berada di sekitarnya. Apalagi sejumlah rumah warga ada yang saling menempel dengan rumah korban.

Sambil menunggu bantuan dari petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) warga bahu membahu berusaha memdamkan api dengan peralatan seadanya.

Situai sempat mencekam setelah upaya yang dilakukan warga tidak membuahkan hasil. Bahkan dalam hitungan menit, kobaran sudah mengepung penjuru rumah korban. 
“Melihat situasi seperti itu, akhirnya warga berusaha melakukan pemblokiran api, agar tidak merembet ke bangunan yang lain,” ujar Dadi warga setempat.

Selang beberapa waktu kemudian petugas Damkar, tiba di lokasi. Mereka pun bergegas melakukan pemadaman. Namun sayang, rumah yang terbuat dari material kayu dan bambu tidak bisa diselamatkan.

“Karena material bangunan itu sebagian besar terbuat dari kayu dan bambu, sehingga api dengan cepat membakar dan membuat pengarangan. Akibatnya, ketika disemprot air dengan tekanan tinggi, konstruksi rumah tersebut malah ambruk,” kata Aripin, Petugas Damkar.

Kendali demikian, dia mengaku bersyukur karena berhasil melakukan pemblokiran arah api, sehingga tidak merembet ke bangunan yang ada didekatnya.

Di samping itu, dia memperkirakan kerugian yang dialami korban mencapai Rp.200 juta. Taksiran itu berdasarkan pengakuan korban, jika seluruh perabotan yang ada di dalam rumah turut ludes terbakar. “Sementara itu, penyebab terjadinya kebakaran tersebut diduga akibat adanya korsleting listrik di rumah korban,” ungkapnya.

 

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com