Rupiah Diperkirakan Menguat Tipis

by -13 views

Rupiah Diperkirakan Menguat Tipis  

Jatinangorku.com – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diperkirakan akan menguat tipis ke level 11.200. Pengamat pasar uang, Albertus Christian, mengatakan langkah intervensi Bank Indonesia di pasar uang berhasil menghentikan penurunan rupiah, meski belum bisa kembali ke level psikologis 10.000. “Meredanya sentimen negatif eksternal dimanfaatkan oleh BI sebagai momentum untuk mengerek posisi rupiah,” kata dia kepada Tempo.

Pada transaksi di pasar uang, Kamis, 11 September 2013, rupiah menguat 61 poin (0,54 persen) ke level 11.301 per dolar. Albertus mengatakan rupiah mulai memasuki masa konsolidasi setelah mencapai level terendah 11.700 per dolar beberapa waktu lalu. Selain intervensi BI, penguatan rupiah terdorong pertumbuhan positif ekspor Cina dan penundaan aksi militer Amerika ke Suriah. “Gairah beli pelaku pasar untuk mengoleksi aset-aset berisiko pun meningkat,” ujarnya.

Kini pasar menanti keputusan rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia, yang kemungkinan besar akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin ke level 7,5 persen. Albertus mengatakan kenaikkan suku bunga kemungkinan akan dipilih BI demi menunjukkan komitmen menjaga nilai tukar.

Pertemuan para pemimpin negara G20 pekan lalu, yang salah satunya membahas masalah depresiasi mata uang negara, tidak mampu memberikan rekomendasi yang memuaskan bagi pelaku pasar. Terutama mengenai bagaimana pasar merespons reduksi stimulus moneter yang akan dilakukan bank sentral Amerika (The Fed). Hal ini membuat pelaku pasar kembali melirik sentimen dalam negeri.

Pada hari ini, Kamis, 12 September 2013, rupiah akan mengalami konsolidasi di kisaran sempit antara 11.200 dan 11.300. “Apabila sentimen positif terus bergulir, rupiah berpeluang menguat ke 10.950,” kata Albertus.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com