Rusunawa Unpad Jatinangor Diresmikan

by
Rusunawa Unpad Jatinangor Diresmikan
Rusunawa Unpad Jatinangor Diresmikan

Rumah susun sewa (rusunawa) yang diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Padjajaran resmi beroperasi. Lokasi rusunawa tersebut terletak di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR mengatakan, selesainya pembangunan rusunawa untuk mahasiswa Unpad merupakan bentuk komitmen Kementerian PUPR dalam menyediakan dan memperbaiki fasilitas di area pendidikan.

“Kalau fasilitas-fasilitas pendidikan kami memang diperintahkan oleh Pak Presiden untuk bisa diperhatikan, dan hunian-hunian untuk mahasiswa supaya bisa belajar dengan baik,” ujarnya di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020).

Namun, Basuki meminta agar pihak kampus mewaspadai penyalahgunaan rumah susun untuk kegiatan-kegiatan yang negatif.

Tak hanya Unpad, kata Basuki, perlakuan serupa juga akan diterapkan untuk kampus-kampus lain seperti UI, IPB, ITB, UGM, dan lain-lain.

“Sehingga saya juga lebih pede aja kalau mau mengalokasikan karena ga ada preferensi apa-apa dan yang membutuhkan. Kalau (perbaikan) jalan (di Unpad) nanti biar kami minta rekan-rekan kami dari Bina Marga untuk ngecek disini,” ucap Basuki.

Rusunawa itu memiliki empat lantai dengan total hunian mencapai 50 unit dengan luas sekitar 24 meter persegi. Setiap unit kamar dilengkapi meubel seperti tempat tidur, meja belajar, dan lemari pakaian.

Bangunan itu menghabiskan dana sekitar Rp15,7 miliar yang berasal dari anggaran Kementerian PUPR tahun 2018. Kontraktor pelaksananya yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dengan supervisi PT Delta Decon.

sumber: inews