RUU Penyandang Disabilitas Masih Menunggu Presiden

by -40 views

Jatinangorku.com – Soal rancangan Undang-undang (RUU) tentang Penyandang Disabilitas, DPR masih menunggu pemerintah. Padahal awalnya lembaga legislatif ini menargetkan undang-undang tersebut selesai pada Desember ini.

“Sekarang kami masih menunggu surat dari pemerintah, dalam hal ini presiden yang menunjuk kementerian mana yang menjadi leading sector untuk membahas RUU Disabilitas,” kata anggota Komisi VIII DPR RI, Desy Ratnasari kepada wartawan saat kunjungan ke Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha, Cibadak, Sukabumi, Minggu (13/12/2015).

Menurut Desy, jika surat dari Presiden itu diterima Senin besok tentunya anggota dewan akan segera membahas dengan kementerian terkait yang ditunjuk. Namun pada 18 Desember ini anggota DPR sudah memasuki masa reses.

“Kalau tidak ada hal yang patut dibicarakan lagi mendalam lagi, semuanya sudah oke bisa saja disahkan. Tapi semuanya tergantung pada pimpinan komisi dan kementerian mana yang ditunjuk presiden,” ujar dia.

Desy menuturkan, UU Penyandang Disabilitas ini nantinya akan memberikan payung hukum bagi pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas. Misalnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, akses fasiltas publik, olahraga, dan karya seni serta hak mendapatkan pekerjaan.

“Diatur pula mengenani kuota kerja bagi penyandang disabilitas di semua sektor. Untuk setiap BUMN dan perusahaan sekitar dua persen dari jumlah pekerjanya. Sesuai dengan tingkat kedisibalitasannya,” tutur anggota DPR dari daerah pemilihan Sukabumi itu.

Direktur Rehabilitasi Sosial Orang dengan Kecacatan Kementerian Sosial Nahar mengatakan, pemerintah sudah merampungkan pembahasan tanggapan berupa daftar inventaris masalah (DIM).

“Surat berupa tanggapan DIM akan segera diserahkan Presiden ke DPR,” kata Nahar yang juga hadir dalam acara peringatan puncak Hari Disabilitas Internasional di RSBL Phala Martha Cibadak

Sumber : http://www.inilahkoran.com/